Lawan Apple Music, Spotify Siap Akuisisi SoundCloud

 

Compusiciannews.com – Industri – Layanan streaming musik Spotify dikabarkan sedang dalam tahap diskusi dengan Soundcloud terkait rencana untuk mengakuisisi perusahaan asal Jerman tersebut. Akuisisi ini bertujuan untuk memperkaya konten yang dimiliki Spotify, serta untuk menyaingi kompetitornya, Apple Music.

Sebagai informasi, Apple Music dan Spotify sempat berperang cukup hebat beberapa bulan lalu. Hal ini berkaitan dengan fitur update dari Spotify for iOS yang ditolak Apple dan membuat pihak Spotify naik pitam. Alasan Apple menolak update tersebut karena Spotify secara langsung mencabut mode pembayaran in-app purchase dan mengarahkan tombol tersebut ke mode pembayaran di web mereka.

Time mengatakan akuisisi ini juga akan membawa keuntungan bagi Soundcloud yang sejauh ini dianggap ketinggalan jaman dibanding layanan serupa lainnya. Rumor menyebut, SoundCloud tengah mencari pembeli dengan nilai penawaran sebesar USD 1 miliar. Angka tersebut dinilai terlalu besar untuk perusahaan yang tengah kalah bersaing dengan perusahaan lain seperti Spotify, Apple Music, Google Play Musik, dan sebagainya.

Walaupun disebut akan diakuisisi, perusahaan yang dipimpin oleh Jan Kou ini tidaklah mengalami masalah keuangan. Pada bulan Juni lalu, SoundCloud baru saja mendapatkan suntikan dana sebesar USD 100 juta dari sejumlah investor. Salah satu investornya itu adalah Twitter, yang menggelontorkan dana sebesar USD 70 juta.

Perusahaan yang berbasis di Berlin ini juga menghadirkan fitur berbayar, Soundcloud Go yang ternyata kurang mampu menarik perhatian pengguna. Hingga Maret 2016, layanan berbayar tersebut hanya mampu memperoleh pendapatan sekitar US$100 juta dengan jumlah pengguna sekitar 1 juta orang. SoundCloud bahkan dilaporkan harus mendaftarkan dokumen kebangkrutan Bab 11 pada bulan November 2015 lalu, setelah tidak mampu untuk mengikuti persaingan antara layanan musik digital yang semakin berat pada beberapa tahun terakhir.

Saat ini, SoundCloud sudah mempunyai lebih dari 125 juta lagu dalam 'perpustakaannya'. Layanan musik yang memenangkan Schroders Innovation Award pada tahun 2011 ini menawarkan layanan yang memungkinkan pengguna menciptakan dan mengunggah lagu. Fitur inilah yang kabarnya akan dikembangkan oleh Spotify untuk memperbesar jumlah penggunanya dimana banyak musisi indie dan musisi elektronik bisa menggunggah karyanya dengan bebas.

Spotify sendiri hingga saat ini telah memiliki lebih dari 100 juta pengguna aktif per bulannya. Pada awal September, CEO Daniel Ek mengumumkan layanannya memiliki 40 juta pelanggan berbayar dan telah memperluas cakupan ketersediaan di 60 negara.

Jika proses negosiasi berjalan lancar, analis memperhitungkan biaya yang harus disiapkan Spotify yakni sesuai nilai valuasi Soundcloud yaitu US$700 juta (sekitar Rp9, 2 triliun).

Belum ada bahasan apakah Spotify akan mematikan SoundCloud setelah proses akuisisi selesai, atau akan mengambil beberapa fitur SoundCloud atau bahkan mungkin keduanya akan saling terintegrasi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *