Lyra VR, Hasil Karya Kompetisi Musik Virtual

 

Compusiciannews.com -Artistik- Meskipun modular synthesizer bisa secara visual memukau dan terbuka untuk hampir soundscape digital yang tak terbatas, dengan mampu membuat musik dan berinteraksi dengan kubah sonic dan gerakan tangan, tim  dari Metanaut yang memasuki projek Leap Motion 3D 2015  menawarkan software synthesizer mid-air-touch control dalam dunia virtual yang dapat dilihat  melalui headset Oculus Rift.

Selama 2 bulan terakhir, 1,9000 developer dari 89 negara telah membangun pengalaman imersif  dalam sebuah kompetisi untuk realita virtual, mobile, desktop da masih banyak lagi yang dapat menggunakan platform  Leap Motion 3D Sensing. Dan kompetisi in sudah ditutup dengan jumlah peserta yang mendaftar ada 189 karya yang nantinya akan ditentukan siapakah yang menjadi finalist.

Dengan hadiah lebih dari US$75,000, kompetisi ini cukup sengit. Salah satu projeknya adalah Lyra VR dari tim Taiwan yang menyertakan musisi dari negera itu sebagai salah satu anggota tim. Dengan menggabungkan Oculus Rift untuk visual dengan sensor Leap Motion dalam melacak pegerakan tangan di udara, para pengguna diberikan virtual music synthesizer.

Hexagonal biru mengontrol depan instrument VR yang mengaktivasi fungsi yang berbeda. Bentuk geometerik lainnya mewakili parameter, instrument, sound dan voice. Dengan mengaktivasi ikon-ikon virtual ini, para pemain dapat membuat drum track atau sequence piano atau mengawali synth bass, dengan gerakan tangan dan mencampurkannya akan menjadi sesuatu yang baru.

Menariknya, siapapun dengan perlengkapan dapat mucul di halaman kopmpetisidari projek ini dan mencobanya sendiri. untuk dapat melakukannya, anda perlu mengunduh software Lyra ke komputer dengan setidaknya prosesor intel i5-4590, 8GB atau RAM dan Nvidia GTX 970 atau AMD 290.

Voting untuk projek ini dapat dilakukan hingga 22 Desember dan diharapkan tim ini dengan karyanya yang unik bisa membuat voter terpukau. Dan berikut ini demo dari sistem Lyra VR:

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *