MKI, Sebuah Komunitas Pecinta Musik Klasik Dirikan MKI Book Club

 

Compusiciannews.com -Komunitas- MKI Book Club merupakan  sebuah departemen bentukan komunitas Musik Klasik Indonesia (MKI) yang didirikan oleh seorang pianis bernama Teguh Sukaryo dan MKI Book Club ini juga merupakan program bacaan untuk seluruh masyarakat Indonesia dan sistem peminjaman yang dipakai adalah secara estafet atau Pass the Book.

Program ini dilatar belakangi oleh  sistem peminjaman Pass the Book atau estafet saat pertama kali muncul. Setelah melalui proses pembahasan dan pematangan antara jajaran MKI, kini ide estafet buku musik ini dapat terealisasi, dimana wadah ini kemudian disebut sebagai MKI Book Club dan tanggal terbentuknya secara resmi adalah 17 Januari 2015 lalu. Program MKI Book Club ini memiliki beberapa tujuan, yaitu:

  1. Semakin tersebar luas buku bacaan musik, terutama musik klasik di Indonesia.
  2. Semakin banyak orang yang membaca dan mengapresiasikan musik, terutama musik klasik.
  3. Semakin bertumbuh keberadaan modern melalui komunikasi, transfer buku dan pemeliharaan buku bersama-sama.
  4. Menumbuhkan tali persahahabatan antara musisi dan pencinta musik di tanah air.

Buku-buku yang ada dalam MKI Book Club semuanya milik MKI, yang sepenuhnya digunakan untuk kepentingan bersama sesuai dengan tujuan dibentuknya.

MKI berencana untuk memasok sekitar 100 buku musik sebagai tumpukan buku pertama untuk diestafetkan di seluruh tanah air. Tumpukan buku kedua dan selanjutnya akan menyusul kemudian. Seperti kita ketahui bersama bahwa buku musik cukup langka dan relatif mahal harganya di Indonesia, apalagi buku musik import. Maka dari itu jajaran MKI terpanggil untuk melakukan langkah sosial untuk dapat berbagi dengan masyarakat musik di tanah air tercinta. Adapun tata cara dan ketentuannya dapat dibaca di pinned post MKI Book Club (https://www.facebook.com/groups/892692917438357/)

Dengan adanya MKI Book Club, masyarakat di tanah air dapat meminjam buku musik dengan gratis (hanya membayar ongkos kirim) tanpa harus pergi ke toko buku atau perpustakaan konvensional. MKI berharap MKI Book Club yang merupakan program estafet buku musik pertama di Indonesia dapat terus berkembang baik dalam mengkoleksi  buku menambah jumlah anggotanya.

MKI Book Club merupakan department anakkan dari group MKI (Musik Klasik Indonesia) di facebook yang mana sejak didirikannya, pada hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2009 lalu hingga kini anggotanya telah mencapai lebih dari 13.000 orang. Bagi rekan-rekan musisi, pendidik, pelajar dan/atau pencinta musik klasik yang belum bergabung di Markas Besar musik klasik Indonesia, silahkan join group facebooknya di https://www.facebook.com/groups/MKI.Indonesia/.  

Dan akhirnya waktu gathering MKI yang sudah begitu lama ditunggu-tunggu oleh kita semua akhirnya kini sudah di depan mata. Pada tanggal 15 dan 17 Juni 2015 nanti, MKI akan mengadakan Konser Amal MKI yang pertama. Konser Amal MKI ini bertepatan juga dengan periode Konser Tour Trio di Indonesia oleh Teguh Sukaryo (international pianist asal Indonesia), Iskandar Widjaja (violinist berdarah German-Indonesia) dan Sietse-Jan Weijenberg (cellist dari negri Belanda). Konser Tour Trio di Indonesia akan diadakan di kota Jakarta (Erasmus Huis, tanggal 16 Juni), Yogyakarta (ISI, tanggal 11 Juni), Semarang (Hall IBA, 10 Juni) dan Malang (Hotel Harris, 13 Juni). Adapun hasil penjualan tiket Konser Amal MKI sepenuhnya akan dipergunakan untuk program-program sosial MKI, termasuk salah satunya program estafet buku MKI Book Club. Konser Amal MKI yang pertama ini diadakan di Hall MKI yaitu di Teguh Sukaryo International Music School, Fatmawati (TSIMS). Jl. Fatmawati Raya no. 15 Golden Fatmawati (LotteMart) Blok G 35-36. Konser dimulai pada pukul 19:30 hingga selesai. Konser ini akan menampilkan musisi-musisi klasik terbaik Indonesia, baik format solo maupun chamber music (nama-nama artist dan repertoire yang dimainkan akan segera diumumkan)
 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *