Membuat Projek Baru Pada Software Finale 2014 Melalui Setup Wizard

 

Compusiciannews.com -Notation-  Finale adalah salah satu software yang sangat fleksibel untuk menulis notasi musik. Finale mempunyai segala hal yang anda butuhkan dalam membuat sebuah leadsheet musik dengan performa yang berkelas. Mudah untuk dipelajari dan digunakan, software ini mempunyai potensi untuk membantu anda menghasilkan musik lebih cepat dan lebih baik dari sebelum-sebelumnya.

Tutorial kali ini akan menerangkan bagaimana kita memulai sebuah projek menggunakan software Finale 2014 melalui Setup Wizard. Setup Wizard adalah cara termudah dan paling efisien untuk memulai sebuah proyek baru. Setiap halaman pada Setup Wizard memungkinkan anda untuk menentukan elemen-elemen dasar dalam projek anda.

1. Pilih Jenis Ensemble dan Document Style

Buka software Finale, ketika jendela dari software ini muncul pilihlah “Setup Wizard”. Setelah aplikasi Finale terbuka kemudian ikuti langkah berikut File > New > Document with Setup Wizard.

Pada halaman ini anda dapat memilih jenis ensemble dan document style. Di dalam document style sudah termasuk style dari font dan tanda-tanda yang ada pada leadsheet. Ada 2 pilihan yang paling umum yaitu “Engraved atau Handwritten” dan dibawahnya terdapat pilihan yang lainnya sesuai kategori.

Setelah anda memilih jenis ensemble dan document style kemudian klik tombol “Next”.

2. Memilih Instrumen 

Pada halaman ini anda bisa memilih instrumen yang akan anda pakai

Pilih jenis instrumen pada kolom pertama, kemudian akan muncul daftar instrumen pada kolom kedua, untuk memilihnya anda dapat double click pada instrumen yang anda pilih, instrumen secara otomatis akan masuk ke dalam kolom ketiga.

Setelah itu pilihlah “Choral” pada bagian “Score Order”. Kemudian klik Next.

3. Mengeset Judul, Credits, dan Copyright

Finale memuat informasi tentang musik yang anda buat, oleh karen itu isilah kolom-kolom pada halaman ini sesuai kebutuhan. Kemudian klik Next.

4. Mengeset Key Signature, Time Signature, Tempo, dan Pickup Measure.

Pilihlah Time Signatur atau Birama sesuai kebutuhan anda, kemudian pilihlah Key Signature dengan cara klik arah panah ke atas atau ke bawah. Setelah itu tentukan tempo dan pickup measure dan klik Finish.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *