Memproses Suara Alam Menjadi Nada Menarik

 

CompusicianNews.com –Plug in- Rekaman bising atau ambience dari dunia nyata sering berisi tekstur dan harmoni yang menarik karena suara disekitar anda dapat menjadi sumber yang ideal untuk beberapa desain FX yang kreatif. Disini, anda akan diajari bagaimana membuat rekaman sederhana yang dapat menjadi sesuatu yang berbeda dengan menggunakan teknik proses yang beragam

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Step 1: kita akan membawa rekaman ke dunia luar dan menagkap suara air terjun yang akan memberikan kepada kita suara pengantar tidur. Meskipun anda dapat menggunakan suara bising tradisional itu dari synth untuk efek macam ini, namun hasil lapangan memberikan hasil yang lebih menarik.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Step 2 : Selain pemrosesan suara ini sebagai file audio yang secara langsung ada pada timeline, kita dapat meng-import rekaman kita kedalam sampler instrumen dari DAW kita yang memungkinkan kita untuk memanipulasi suara menggunakan fungsi-fungsi synthesis yang lebih maju. Hasil rekaman di lapangan atau Field Recording akan sering berisi konten yang muddy low sehingga filter high-pass dari sampler dapat dihubungkan untuk menghapus segala macam frekuensi rendah yang gaduh yang dapat dengan mudah menyumbat bagian akhir mixing dan bertubrukan dengan unsur low track lainnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Step 3: sekarang kita dapat mengubah rekaman air terjun kedalam proses mekanik dengan menggunakan loop point yang lebih sederhana. Dengan melingkari porsi yang lebih kecil dari rekaman dan kemudian mengotomasi lama parameter loop, kita dapat memperpendek panjang loop kita dengan tambahan waktu untuk membuat efek suara robot  sebagai sound progress. Cukup mulus pada tahap ini tapi kita dapat mengimprov efek ini dengan manipulasi lebih banyak lagi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Step 4: Untuk mengubah suara bising kita kedalam riser uplifting, secara inisial kita mengotomasi Pitch bend dari MIDI Region untuk meningkat dengan sebuah oktaf saat suara masuk. Hal ini tidak menyediakan efek ekstrim yang cukup sehingga kita juga mengotomasi transpose parameter dari sampler untuk membuat pitch rekaman naik hingga 4 oktaf. Meskipun kita telah mengotomasi sampler dan parameter MIDI untuk mempengaruhi pitch disini, anda dapat menggunakan plugin pitch-shifting dalam real-time.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Step 5: sesudah anda memiliki suara frekuensi yang banyak, anda dapat dengan  kreatif memfilterisasi frekuensi-frekuensi itu untuk kemajuan dan pegerakan selanjutnya. Disini terdapat Moog filter dari UAD untuk mengecilkan suara kebisingan yang memuncak.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Step 6: kini efek intinya telah lengkap, saatnya untuk bersenang-senang dalam eksperimen dengan modulasi kreatif dan efek spasial. Kita tetap membuatnya sederhana, hanya ditambah delay dan reverb dalam bentuk Echoboy dari Sound Toy dan Sparkverb dari UVI namun anda dapat menggunakan kombinasi plugin yang berbeda seperti Flanger atau chorus yang dapat menyediakan beberapa width dan pegerakan yang menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *