Mendapatkan mood dengan Multiple Takes Vocal pada Logic Pro 9

 

CompusicianNews.com –DAW- Proses perekaman digital dewasa ini sudah lazim diterapkan di banyak studio. Baik studio rumah (home studi) maupun profesional studio. Sebagian besar telah beralih ke media digital. Meskipun pada beberapa studio masih mempunyai sistem analog untuk melakukan perekaman perekaman tertentu. Namun tidak dapat dipungkiri kemudahan dari digital recording telah memikat semua orang. Meskipun bagi sebagian orang, kualitas analog jauh lebih real and warm, namun semua kembali kepada selera, kebutuhan, dan budget. Kali ini kita akan membahas salah satu kemudahan dari fasilitas multiple takes untuk menghasilkan track comping pada aplikasi perekaman vocal dengan Logic Pro 9.

 

Anda mungkin pernah mengalami melakukan proses perekaman sebuah lagu dan terdapat salah satu bagian yang sulit pada lagu tersebut. Misalnya pada sebuah lagu jazz terdapat bagian scat jazz yang kadang membutuhkan mood untuk mendapatkan scatching yang bagus. Multiple takes memungkinkan kita melakukan banyak perekaman pada suatu bagian lagu tertentu. Multiple takes ini didapatkan dengan cara melakukan perekaman berulang (cycle record/loop record). Kita menentukan bagian lagu mana yang akan direkam misalnya sebut saja mulai dari bar 24 – 34. Kita tentukan cycle/loop nya mulai bar 23 – 35 untuk memberikan space / jarak. Kemudian persilahkan sang vocalist untuk menyanyi pada bagian tersebut sembari anda minum kopi karena Logic Pro akan melakukan perekaman berulang secara otomatis sebanyak yang vocalist inginkan. Masing masing hasil rekaman akan membentuk region data baru dalam sebuah track folder. Jadi, jika kita atur track 1 untuk vocal, maka ketika kita melakukan cycle record sebanyak 10 kali tidak akan muncul 10 track untuk vocal. Namun tetap hanya 1 track yang memiliki 10 region. Dengan demikian akan sangat memudahkan kita dalam memutuskan take mana yang akan dipakai.

 

Bandingkan hasil rekaman tadi terdapat pada 10 track yang berbeda kita harus me mute satu per satu track untuk mendengar track mana yang sesuai.  Bagaimana jika ternyata ada satu bagian yang bagus dari take yang pertama, kemudian bagian lain dari take ke lima, dan bagian lainnya dari take ke enam, delapan, dan sepuluh? Kita akan memotong bagian bagian tersebut dan menyusun kedalam track baru? Tidak demikian dengan fasilitas comping yang disediakan Logic Pro 9. Kita akan dengan leluasa memilih bagian bagian yang diinginkan dari masing masing take tanpa harus menghapus bagian lainnya. Karena secara otomatis bagian bagian yang tidak kita pilih akan mute.

 

Namun jika kita ingin membandingkan hasil dari masing masing take pada tempat yang sama kita tinggal memilih dari masing masing take. Region tersebut dapat juga di unpack kedalam individual track jika dibutuhkan. Biasanya unpack ini dilakukan jika Anda akan melakukan editing lanjut seperti pitch correction menggunakan Melodyn atau Auto Tune, membuat flanger atau menjadikan sebagai backing vocal. Anda juga bisa melakukan pack folder dari beberapa track yang berbeda untuk dijadikan satu track yang sama. Untuk memudahkan penamaan, rename pada masing masing track comping nya untuk memudahkan pada editing lanjut. Atau menghapus sebagian dari take yang tidak akan dipakai karena mungkin hasil yang buruk atau lupa lirik.

 

Jika anda dan sang vocalist sudah sepakat terhadapt hasil nya,  bisa dilakukan flatten and merge yaitu menggabungkan semua menjadi satu kesatuan dan akan menghapus semua comping yang tidak dipakai. Jadi flatten and merge ini sifatnya destructive atau merusak data aslinya. Cara lain bisa dilakukan export ke track baru sehingga anda tidak kehilangan track lama sebagai Assets.  Namun jika space harddisk cukup besar membiarkan saja track tersebut tanpa dilakukan flatten and merge juga tidak menjadi masalah. Perbedaannya hanya pada ukuran data yang menjadi besar.

 

Memindahkan atau memotong sebuah track comping juga menjadi hal yang dengan mudah dilakukan. Hanya saja jika Anda hendak memotong atau memindahkan track comping anda harus mematikan fungsi track comping yang terdapat di bagian atas kanan disamping menu track comping pada region utama nya. Dengan mematikan fungsi track comping, Anda leluasa melakukan pemotongan atau memindahkan region ke tempat lain.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *