Mengenal GarageBand dari Apple

 

Compusiciannews.com -Software- Saat Apple, perusahaan yang saat ini mengembangkan perangkat DAW ini, meluncurkan GarageBand di tahun 2004, banyak yang beraggapan bahwa masa depan perangkat ini akan berbasis loop, dengan fasilitas tool drag and drop-nya dalam proses pembuatan suatu karya – secara jelas dulu dirancang untuk pemula dan hadir dengan ribuan Apple Loops.

Bagaimanapun, sebagaimana perangkat lunak ini telah berkembang dari tahun ke tahun, perangkat ini menjadi aplikasi yang lebih maju dimana tidak hanya mengaspirasi penulis lagu dan musisi lain yang ingin membuat karya rekaman sendiri tapi juga menerbitkan seniman-seniwati yang ingin menggunakannya sebagai demo-maker yang ideal dan Scratch-Pad.

Bahkan Nadine Coyle, personil girlband asal Inggris, Girls Aloud yang akhir-akhir ini sedang tenar, dia berkata kepada media massa nasional bahwa dia terobsesi dengan GarageBand ini.

Untuk GarageBand versi terbaru ini, Apple melanjutkan untuk membuat fasilitas yang layak untuk para musisi dengan menambah beberapa fitur. Dari Pro-Standard Logic dan beberapa tool ekslusif yang serupa dengan Logic.

Seperti yang kita lihat, fokusnya ada pada proses pembetulan atau pengkoreksian permainan yang buruk dan mengajari anda dari awal untuk menghasilkan karya yang lebih baik.

Pertama, terdapat Flex Time, teknologi yang membuat debutnya pada Logic Pro 9 yang memberikan secara sederhana kontrol Hands-on dari audio time dan memampukan anda untuk memperoleh dan menggerakan transient waveform.

Secara sederhana sangat indah: dengan hanya double-click pada audio clip dalam Timeline dan waveformnya muncul pada pane editor di bagian bawah: kemuadian anda dapat memainkan karya anda dari depan atau belakang dan juga menyesuaikan lama atau panjangnya sound dari hasil karya anda.

Flex Time melakukan proses yang baik dari proses memilah eror time yang kecil ‘secara alami’ (Khususnya pada bagian monoponik) dan juga memberikan anda tool yang dapat digunakan secara kreatif. GarageBand  adalah aplikasi yang sering digunakan musisi yang sedang mengasah kemampuan mereka dan review ini cukup masuk akal bagi mereka yang hendak berkarya dengan perangkat apple ini.

Groove Mtching Functionality yang baru memampukan anda untuk mengekstrasi groove dari 1 track dan menerapkannya disemua elemen yang ada pada projek anda.

Mengkatifkan Groove Track sangat mudah dan sederhana hanya dengan click pada ikon track dan klik bintang yang mucul. Groove ini kemudian dapat diterapkan kesemua bagian lain meskipun anda dapat menghapus semua bagian yang tidak ingin anda ubah.

Dalam prakteknya, Groove Matching berjalan dengan sempurna. Anda kemungkinan tidak akan selalu memakainya di setiapkarya musik yang anda buat tapi jika anda ingin cara yang cepat mengunci bassline dan bagian ritme gitar pada track drum (sebagai contoh), hasilkan bakal memukau.

Fina Toys yang telah dipinjam dari Logic adalah 7 amplifier gitar tambahan dan 5 stompbox yang baru, semuanya memiliki Slick Graphical Interface dan dapat dicampur atau di-Mix dan Match. Meskipun fitur-fitur ini tidak secara resmi terlabel seperti biasanya, Amplifier terinspirasi oleh Marshall, Orange, Fender dan Mesa Boogie dan mereka menyajikan nada-nada yang bagus.

Fitur-fitur baru lainnya dapat ditemukan pada bagian Learn To Play mesikipun tidak ada fungsionalitas baru  untuk pecinta Magic GarageBand.

Selain aplikasi utama GarageBand, fitur ‘Learn To Play’ yang telah diperkenalkan pada versi ’09 telah di-upgrade.

Untuk memulainya, ada pembelajaran gitar dan piano yang dapat dengan gratis didownload yang bervariatif dari segi style dan kesulitan.

Fitur ini memberikan kepada anda update feedback mengenai sebaik apa anda menampilkan suatu musik yang anda pelajari. Pitch dan waktu anda dianalisis dan kualitas keseluruhan dari latihan anda akan dihitung secara keseluruhan atau di agregasi kedalam presentase nilai yang menarik mata anda ke bagian bawah layar.

Insentif atau fakotr pendorong anda untuk terus berlatih dan menaikan permainan anda disediakan oleh catatan grafik  dari skor anda untuk tiap-tiap pelajaran.

Berdasarkan pada pengalaman, sistem ini berfungsi baik dan anda akan tergiur untuk terus ‘bermain’ dan menaikan skor anda.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *