Mengenal Komunitas Musik Taman Suropati Chamber

 

Compusiciannews.com -Pendidikan – Apakah Anda berpikir belajar di sekolah musik selalu mahal? Jika ya, Anda harus mempertimbangkan belajar music di taman Suropati bersama komunitas Taman Suropati Chambers (TSC).

Ide membuat komunitas ini dicetuskan oleh Agustinus yang akrab dipanggil Ages pada tahun 2006 saat ia menghadiri workshop keroncong di Den Haag. Di sana ia melihat beberapa musisi memainkan musik di taman kota dan tiba-tiba terbesit di pikirannya untuk melakukan hal yang sama di tanah air. Ide ini kemudian dikembangkan oleh Ages dan ketiga rekannya sesama pemain alat musik gesek sehingga lahirlah komunitas Taman Suropai Chambers (TSC).

Seiring berjalannya waktu, TSC pun semakin berkembang. Dari jumlah anggota yang sedikit, kini anggota TSC telah membengkak hingga mencapai 140 orang, yang didominasi oleh pemain biola dan pemetik gitar. TSC biasa berlatih musik setiap hari Minggu pagi sampai sore hari dan tak jarang sampai malam hari.

Dengan latar belakang SPG (Sekolah Pendidikan Guru), Ages memiliki pengalaman mengajar yang mumpuni. Ages yang belajar musik secara otodidak mencoba berbagi ilmu di sini dengan melatih para anggota SPG. Ages tetap berpatokan pada genre musik klasik, namun ia juga mengjarkan lagu-lagu daerah dengan harapan agar mengetahui sekaligus mencintai musik-musik daerah dan nasional.

Total pengajar di TSC adalah delapan orang, yang beberapa diantaranya merupakan ‘mantan’ murid, tapi kemudian diminta mengajar di ‘almamater’nya. Latihan yang rutin tentu saja membutuhkan biaya. Walaupun pada awalnya berlatih di sini tidak dikenakan biaya, namun seiring anggota yang semakin bertambah, maka tiap anggota dikenakan iuran sebesar 100 ribu rupiah setiap bulan bagi mereka yang mampu sebagai ganti ongkos fotokopi, transpor, dan hal-hal yang berhubungan dengan acara komunitas.

Tentu saja berlatih dengan TSC ini lebih murah ketimbang les musik yang bisa menghabiskan sekitar 200 ribu hingga 400 ribu rupiah dengan durasi pertemuan sekitar 30 menit – 1 jam saja.

Komunitas yang diperkuat oleh para pendidik musik seperti Kindar BN, Ages, Sakti Asmara dan guru-guru musik lainnya ini berlatih secara rutin setiap hari minggu mulai jam 10.00 s/d selesai di Taman Suropati Menteng – Jakarta. Jika Anda tertarik untuk bergabung dan belajar musik di Taman Suropati Chamber, Anda dapat langsung datang ke Taman Suropati, Menteng hari Minggu jam 10 pagi, dan langsung menemui pengurus dari Taman Suropati Chamber untuk pendaftarannya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *