Mengenal Proses Movie Scoring Dengan DAW Reaper

 

CompusicianNews.com –Film- Musik merupakan sesuatu yang dapat teraplikasi hampir di semua elemen karya seni, khususnya film. Istilah ini dikenal dengan Movie Scoring.  Dalam hal ini, seorang komposer memiliki tanggung jawab besar sebagaimana mereka memiliki kapasitas untuk membuat orang lain merasa bahagia, sedih, takut dan banyak lagi sesuai alur cerita film.

Dan saat ini kita akan belajar cara-cara untuk berkesperimen dalam membuat movie scoring. Kita akan ambil cara praktis untuk menulis lagu yang akan masuk dalam sebuah karakter dalam sebuah adegan musik.

 

Kenali tool anda

Sama seperti pelukis yang akan mewarnai sebuah gambar, komposer akan menggunakan sebuah set  peralatan musikal untuk menambah kehidupan dalam film. Teknologi modern saat ini, kebanyakan komposer akan menggunakan komputer karena hal ini akan memungkinkan anda untuk mengsinkronkan video anda dengan musik yang anda tulis. Sekuens musik kebanyakan akan memungkinkan anda untuk membuka video track dan bekerja dengan perangkat lunak secara langsung. Beberapa pilihan gratis tersedia bagi anda. Reaper merupakan sequencer  gratis dan juga merupakan salah satu dari DAW yang akan memungkinkan anda untuk bekerja dengan video. Jika anda menggunakan  mac, anda dapat menggunakan GarageBand untuk kebutuhan scoring anda. Jika anda telah menulis musik pada komputer anda selama beberapa waktu, anda dapat langsung meng-import video track anda di perangkat lunak yang saat ini anda pakai.

 

Berpikir diluar kotak

Sebelum memulai berdiskusi teknik actual yang terlibat, sangat penting untuk menyadari bahwa movie score bukanlah musik tradisional. Score ditujukan untuk mendukung video dan kadang tidak dapat berjalan sendiri. Mendengarkan score musical dengan video dapat  terdengar seperti melompat dari satu tempo ke tempo lainnya. Ingat bahwa menulis musik ke video ditujukan untuk meningkatkan pengalaman dan dapat bekerja sama dengan selera penonton. Dengan pola pikir ini, kita akan melihat pada cara-cara untuk membangun score kita dan pastikan dapat pas dengan proses yang ada di layar.

 

Menemukan Beat.

Hal pertama yang anda butuhkan sebelum menulis karya anda adalah membangun tempo map anda. Ini akan menjadi skelton dari score dan akan memberikan anda ide bagus dari proses yang terlihat dalam video anda.

Ada begitu banyak cara untuk menggunakan peta atau map. Kuncinya adalah untuk menemukan sesuatu dalam film yang anda dapat proses. Ini dapat mencakup segalanya yang bergerak untuk mengatur tempo. Anda akan menemukan sesuatu jika anda tahu dimana anda harus cari. Ingat bahwa kadang, tempo dapat diberikan dengan elemen yang ada di background layar. Sekali anda temukan, berikan simple click.

Proses ini seharusnya diaplikasikan sesering yang anda bisa. Temukan elemen yang ada dalam beat sepanjang film. Itu sebabnya score akhir anda akan memiliki beberapa tempo dan bagian seperti bagian klasik yang akan memiliki pegerakan yang berbeda.

 

Menyiapkan Peralatan Anda

Sekarang dengan tempo yang sudah anda petakan (tempo map), saatnya untuk menambah elemen melodi ke score anda. Hal pertama yang anda lakukan adalah warna apa yang ingin anda gunakan. Pilihan instrumen dapat sangat mempengaruhi feel pada video anda.

Jika anda baru dalam hal scoring ini, pilihlah set orchestra dari instrumen karena sangat cocok untuk pemula. Ini akan memberikan anda kesempatan besar untuk dapat nyaman dengan jangka instrumen dan memberikan anda pengalaman yang dibutuhkan untuk menulis movie score yang lebih baik. Ambil waktu untuk mendengar dan scoring yang anda sukai serta buat list dari semua instrumen yang anda dengar dalam score yang sama. Beberapa perangkat instrumen  akan mengarahkan anda dalam instrumen yang tidak mungkin anda dapat gunakan untuk memainkan notasi diluar range instrumen asli.

Tentunya, instrumen klasik bukan hanya pilihan saat tiba untuk scoring video. Segala kombinasi tool diperbolehkan. Anda bahkan dapat mencampur instrumen dari waktu yang berbeda secara bersamaan. Bagaimanapun, musik orchestra merupakan cara yang hebat untuk proses scoring karena instrumen ini akan mengajari anda semua dasar teknik scoring yang fundamental.

 

Melodic mood

Sekarang skelton kita terbangun dan cocok dengan video, kita masih perlu mengisinya dengan konten musikal, hal ini seperti seorang pelukis yang menambah warna pada sketsa gambarnya. Notasi dan kord yang digunakan memiliki efek yang sangat dramatik dalam video. Ini merupakan proses dimana anda perlu untuk memutuskan apa yang diinginkan oleh para audiens saat menonton adegan yang anda sedang kerjakan. Mengenal pilihan kord anda merupakan hal penting dalam menulis sebuah karya yang akan menyesuaikan dalam mood yang anda harapkan diberikan pada score  anda.

Latihan berikut dapat cukup subjektif dan seharusnya dapat diambil sebagai cadangan. Proses ini dapat menjadi cara yang baik untuk membiasakan diri anda dengan suara dan mood kord yang anda mainkan.

Latihan ini terdiri dari perkenalan lebih lagi dengan suara yang anda hasilkan. Seringnya, pemain gitar bergantung pada bentuk yang membuat mereka nyaman dalam memainkannya. Meskipun hal ini dapat menjadi hal yang baik, akan sangat menguntungkan jika anda memperluas sonar pallete anda dengan membiasakan diri pada suara dan bentuk yang baru.

Langkah pertama ini dimulai dengan menggerakan jari anda di sepanjang leher gitar sementara anda menggambarkan sebuah adegan film. Menutup mata akan membantu anda fokus pada apa yang anda dengar.

Selagi anda melakukan ini, cobalah untuk menciptakan hubungan mental yang kuat antara apa yang anda mainkan dan apa yang anda bayangkan. Anda mungkin akan mengalami kesulitan di awalan, tapi setelah beberapa waktu anda akan memulai mengantisipasi notasi-notasi yang anda mainkan. Mulailah dengan pelan-pelan dan jangan khawatir mengenai suara yang aneh. Sebagaimana anda mengembangkan bakat ini, ambilah notasi dari segala macam kord progresi yang menurut anda menarik dan tulislah beberapa kata yang menjelaskan gambar yang anda lihat. Setelah mengerjakan latihan ini selama beberapa hari, anda akan memiliki library yang bagus untuk ide-ide kecil yang akan anda gunakan dalam scoring.

Langkah berikutnya adalah melakukan pekerjaan yang sama dengan video. Tempatkan film didepan anda dan mainkan seperti apa yang anda lihat. Proses ini akan cukup menantang di awalnya tapi proses ini akan mengajar anda banyak hal mengenai nuansa dan mood. Catatlah bahwa latihan ini tidak perlu dilakukan dengan gitar anda.

Kenapa tidak menggunakan keyboard? Ini akan memaksa anda untuk berpikir dalam hal suara dan warna seperti yang sudah diarahkan melalui apa yang anda pelajari dalam instrumen anda. Jika anda memiliki perlengkapan yang dibutuhkan, filmkan session anda. Hal ini akan memungkinkan anda melihat karya dan mengetahui sebagus apa dan seburuk apa yang sudah anda lakukan. Catat apa yang anda sukai dan tidak.

 

Penyusunan

Berlainan dengan lagu yang dirancang untuk didengar dalam radio, movie scoring tidak perlu secara konvensional terstruktur  karena hanya terdengar dalam film. Ingat bahwa disini anda membuat scoring film yang harus sejalan dengan film itu sendiri.

 

Smoothing

Dalam hal ini, anda harus memiliki koleksi yang banyak dari tema yang secara spesifik tertulis dalam layar. Seperti yang sudah dibicarakan bahwa beberapa bagian tidak akan saling koheren.

Trik pertama anda yang anda dapat gunakan adalah berdasarkan pada harmoni. Seperti yang harusnya anda ketahui, notasi sendiri tidak menahan signifikan yang banyak. Dan untuk menjadi sesuatu yang menarik, perlu untuk saling berhubunngan diantara notasi.

Ide lain yang dapat anda gunakan untuk membuat komposisi anda sedikit koheren adalah meikirkan mengenai tema saat ini. Tema ini dapat mengembalikan waktu masing-masing terlihat dalam layar. Tema saat ini dapat membuat scoreflow anda lebih baik dan membantu pendengar lebih terhubung dengan soundtrack anda.

 

Gagasan akhir

Movie scoring merupakan pengalaman yang  menarik. Salah satu aspek terbesar dari penulisan dan scoring adalah mendorong anda untuk berpikir sekreatif mungkin tanpa memerhatikan batasan pengalaman yang anda miliki.

Selalu merekam karya anda dan tontonkan ke banyak orang. Selalu meminta kritik yang membangun dan tetap terbuka. Semua scoring anda juga dapat digunakan sebagai demo. Anda dapat menggunakannya untuk meningkatkan diri anda. Pengalaman langsung merupakan hal yang baik. Teruslah bergaul dengan beberapa produser video dan tawarkan jasa anda. Anda akan menmiliki pengalaman yang memuaskan dalam dunia scoring ini

Untuk lebih jelasnya, anda dapat melihat video tutorialnya dengan meng-copy-paste tautan berikut kedalam YouTube:

Jamplay.com 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *