Menggunakan Bitcoin bisa Dipenjara?

 

Compusiciannews.com -Industri-  Korea Selatan akhirnya mengikuti jejak sebagian negara dalam melarang penggunaan mata uang digital, meski pelarangan tersebut belum mencapai keputusan akhir, dan belum diketahui sanksi apa yang akan dijatuhkan bagi pelanggarnya.

Pemerinta Korea Selatan beberapa waktu yang lalu telah mengeluarkan pernyataan untuk melarang penggunaan mata uang digital di Korea Selatan. Menurut pemerintah mereka masih melakukan pembahasan bagamana Korsel dapat mengatur pasar mata uang itu.

Seperti dikutip dari Reuters, Selasa (16/1/2018) Koordinasi Kebijakan Pemerintah menuturkan bahwa pihaknya berencana melarang mata uang digital ini untuk mencegah investasi yang bersifat spekulatif, meski begitu peraturan ini masih akan didiskusikan hingga mencapai keputusan akhir.

Pada kamis lalu (11/1/2018) Menteri Hukum Park Sang-ki juga menyatakan bahwa pemerintah tengah menyiapkan rancangan aturan untuk melarang perdagangan mata uang digital di pasar dalam negeri.

Akibat pernyataan tersebut harga Bitcoin merosot lalu menyebabkan pasar uang digital ini menjadi kacau. Selain itu polisi serta pihak pajak juga menyerbu bursa local untuk menyelidiki dugaan-dugaan penghindaran pajak.

Selain itu di Indonesia, pihak Bank Indonesia sudah melarang segala pembayaran menggunakan semua mata uang digital. Pihak BI juga menjelaskan bahwa hanya Rupiah yang dapat digunakan serta sah secara hukum.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *