Mengubah Akord Simbol pada Mainscreen Band in a Box

 

CompusicianNews.com -Learning Apps- Didalam tampilan layar band in a box kita dapat melihat tampilan akord progression yang digunakan. Biasanya didalam tampilan band in a box ini hanya terdapat simbol akord dengan huruf simbol (normal symbol) seperti pada gambar berikut ini.

 

gbr. 1 normal simbol

 

Gbr. 1 normal symbol

 

Namun terkadang kebanyakan orang akan susah untuk membaca atau kurang lancar dalam membaca akord simbol seperti diatas. Dan didalam program band in a box ini terdapat satu buah tool yang dapat mengubah tampilan dari akord simbol yang akan tampil pada jendela layar band in a box. Tool ini disebut “Choose chord display types”/memilih akord yang ditampilkan. Tools ini terletak pada bagian kanan dari deretan tools yang terdapat di band in a box. 

gbr. 2 tools simbol

 

 

 

 

Gbr. 2 logo tools akord simbol 

Ketika kita mulai meng-klik pada tools akord simbol diatas maka secara automatis akord simbol yang ada pada tampilan utama band in a box akan berubah seperti yang kita inginkan. Didalam tools “Choose chord display types”/memilih akord yang ditampilkan tersedia akord simbol yang lain yang berbentuk “Roman Numeral”/angka romawi, “Nashville Notation”/notasi angka, “solfeggio Notation”/notasi solfeggio, “Fixed Do (Italy/Europe). Dari sekian kelima model akord simbol yang ada pada tools ini diharapkan akan memudahkan kita untuk membaca akord progressi yang digunakan. Cara untuk mengubah akord simbol yang terdapat pada layar band in a box ini kita cukup klik pada logo tools akord simbol diatas.

 

Berikut ini bentuk – bentuk dari tampilan akord simbol yang sudah kita ubah sesuai dengan nama dari akord simbolnya.

  • Roman Numeral

numeral 

 

 

 

 

  • Nashville Notation

nashville

 

 

 

 

 

  • solfeggio Notation

solfeggio

 

 

 

 

 

 

  • Fixed Do (Italy/Europe)

fixed

 

 

 

 

 

Demikian bentuk – bentuk dari akord simbol tersebut. Anda dapat mempelajarinya lebih lagi dengan praktek dan menggunakan program band in a box ini secara langsung. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *