Menulis Notasi Bass dengan Sibelius

 

CompusicianNews.com -Notasi- Pada tutorial sibelius kali ini akan memberikan tahap-tahap penulisan notasi bass pada program sibelius, setelah sebelumnya saya sudah menulis bagaimana cara penulisan pada piano. Pada tulisan “Menulis-Notasi-Piano-dengan-Sibelius-part-2” sudah dijelas kan bagaimana cara membaca notasi yang dituliskan pada piano left hand atau tangan kiri. Disana sudah dibahs bahwa left hand piano dalam penulisannya menggunakan clef atau tanda kunci F. Dimana tanda kunci atau clef F adalah untuk penulisan pada bass. Tidak perlu saya jelaskan lagi bagaimana cara membaca garis paranada dengan menggunakan clef atau tanda kunci F.

notasi

 

 

 

 

Gbr. 1 Stave Bass

Seperti yang kita lihat pada gambar diatas, untuk stave yang notasi adalah untuk menulis not pada instrument bass dengan menggunakan not yang disertakan nilai dan bentuk not nya. Yang notabene sama dengan penulisan not-not pada instrument yang lainnya seperti piano dan melodi yang sudah kita pelajari sebelumnya.

not bass

 

 

 

Gbr. 2 Notasi bass

Sedangkan pada stave tab yang kita tuliskan disana bukan bentuk not seperti yang sudah kita tuliskan diatas. Tetapi yang kita tuliskan adalah letak fingering atau penjarian atau letak not dalam string dan fret pada gitar bass tersebut. Sebelum kita membahas lebih lagi tentang penulisan pada stave tab ini kita akan bahas bagaimana cara membaca dari stave tab ini. Stave tab yang kita gunakan akan menyesuaikan dengan model bass yang harus dimainkan. Misalkan didalam komposisi yang kita buat adalah menggunakan bass dengan string 4, 5 atau 6 maka jumlah garis pada stave tab akan berbeda. Karena garis yang tertera pada stave tab ini akan menunjukkan jumlah string yang terdapat pada bass yang dimainkan. 

stave tab

 

 

 

 

 

 

 

Gbr. 3 Macam – macam tab bass

Keterangan gambar :
1.Untuk bass dengan string berjumlah 5 maka garis stave nya juga ada 5 garis
2.Untuk bass dengan string berjumlah 6 maka garis stave nya juga ada 6 garis
3.Untuk bass dengan string berjumlah 4 dan fretless maka garis stave nya juga ada 4 garis

Sedang pembacaan stringnya kita baca dari yang paling atas adalah string yang paling kecil dalam bass. Untuk tuning bass standart adalah string G. Kemudian semakin kebawah maka ke string yang lebih besar atau lebih rendah.

Dalam penulisan notasi bass perlu kita ketahui bahwa penulisan notasi pada bass harus seragam atau sejalan dengan penulisan notasi pada drum. Karena kedua instrument ini yang akan membentuk ritem dari sebuah komposisi yang kita buat. Sehingga ketika kita mulai menulis not bass maka kita harus sudah memikirkan ritem yang akan dibentuk akan seperti apa.

Kita akan sekali lagi buka file yang sudah kita buat sebelum. Kita sudah membuat untuk melody dan piano pada partitur lagu becak. 

becak

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gbr. 4 partitur becak 

Kita tambahkan untuk stave bass notasi dan bass tab nya terlebih dulu dengan cara seperti pada tutorial “Menambahkan-instrumen-pada-partitur-sibelius”. Maka kita akan mendapati partitur becak ini menjadi seperti berikut ini.

becak

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gbr. 5 partitur becak 

Kita sudah mendapati stave bass notasi dan stave bass tab dengan 4 string. Kita akan menuliskan 
not yang akan digunakan disini. Caranya yaitu sama dengan penulisan not pada piano dan melodi. 
Kita pilih nilai notnya pada jendela keypad 

keypad

 

 

 

 

 

 

 

 

Gbr. 6 jendela keypad

Misal disini kita akan isikan not bass seperti berikut ini pada partitur kita.

bass not

 

 

 

 

Gbr. 7 notasi bass

Untuk langkah selanjutnya kita akan tuliskan pada stave bass tab. Caranya kita cukup copy paste 
stave bass notasi ini langsung kedalam stave bass tab yang terletak dibawah. Maka kita akan 
mendapatkan hasil stave bass tab sebagai berikut ini.

becak

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gbr. 8 partitur becak plus bass notasi & tab

Kita baca diatas pada stave bass tab terdapat angka 3, angka tersebut menunjukkan kolom pada 
fingerboard gitar bass kita. Dan terletak pada string A yang berarti not bass yang seharusnya 
dibunyikan yaitu pada string A dan kolom no 3. Jika kita lihat bahwa itu adalah not C.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *