Menulis Notasi Piano dengan Sibelius part 2

 

CompusicianNews.com -Notasi- Untuk melanjutkan tutorial yang sudah saya tulis beberapa waktu yang lalu dengan judul Menulis-notasi-piano-dengan-sibelius-part-1 sudah dijelaskan bagaimana menulis notasi piano. Seperti yang kita ketahui didalam stave piano terdiri dari piano a (right hand) dan piano b (left hand). Yang sudah kita bahas ditulisan sebelumnya adalah untuk penulisan piano untuk piano a atau right hand. Saat ini kita akan melanjutkan untuk penulisan stave piano b atau left hand.

Stave piano b adalah untuk oktaf yang lebih rendah, dan penulisan notasinya disini menggunakan tanda kunci atau clef F. Sedangkan untuk piano a kita menggunakan tanda kunci atau clef G. 

piano a dan b

 

 

 

Gbr. 1 Piano A dan Piano B

Didalam gambar diatas kita dapat melihat untuk stave piano A menggunakan clef G dan piano B menggunakan clef F. Dengan demikian berarti untuk penulisan letak not nya akan menyesuaikan dengan clef yang dipakai didepannya. Untuk pembacaan garis paranada untuk clef F adalah sebagai berikut.

paranada

 

 

 

 

 

 

Gbr.2  Piano B

Keterangan gambar. 

  • Garis paranada pertama untuk not G
  • Garis paranada kedua untuk not B
  • Garis paranda ketiga untuk not D
  • Garis paranada keempat untuk not F
  • Garis paranada kelima atau terakhir untuk not A
  • Spasi pertama untuk not A
  • Spasi kedua untuk not C
  • Spasi ketiga untuk not E
  • Spasi keempat atau terakhir not G

Setelah kita sudah mengerti untuk letak dan cara membaca garis paranada pada clef F sekarang kita siap untuk mulai menulis notasi piano B. Melanjutkan materi yang sebelumnya (Menulis-notasi-piano-dengan-sibelius-part-1) kita menggunakan partitur lagu “becak” yang sudah terisi untuk notasi melodi dan notasi akord progresi dari piano A. Kita akan menuliskan hanya bass dari progression akord yang sudah kita tulis sebelumnya.

BECAK

 

 

 

 

 

 

 

Gbr. 3 Partitur Becak

Didalam gambar diatas adalah sepenggal dari partitur lagu becak yang sudah saya tulis untuk melodi dan piano A. Untuk mengisi pada stave piano B cara masih sama dengan cara-cara yang sebelumnya. Kita ambil nilai notasinya pada jendela keypad yang sudah tersedia pada program sibelius. 

KEYPAD

 

 

 

 

 

 

 

 

Gbr. 4 Jendela Keypad

Disini kita akan tuliskan not dengan nilai 1 ketuk untuk setiap notasinya. Maka kita akan tuliskan seperti berikut ini.

PIANO B

 

 

 

 

 

Gbr. 5 Notasi Piano B

Untuk mempertebal suara notasi yang kita tuliskan, kita akan tuliskan 1 not lagi dan not tersebut adalah not yang sama tapi dengan interval lebih tinggi 1 oktaf. Menjadi seperti pada gambar berikut ini.

OKTAF

 

 

 

 

 

 

 

Gbr. 6 Notasi Piano B 2 oktaf

Cara penulisan notasi tersebut adalah kita tuliskan terlebih dulu not yang terdapat pada oktaf yang  lebih rendah, kemudian kita tekan angka 8 (menunjukkan interval ke 8) maka akan tertulis nada yang lebih tinggi 1 oktaf tersebut.

KOMPUTER

 

 

 

 

 

Gbr. 7 Keyboard Komputer.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *