Moogfest 2014 Adakan Seminar membuat Synthesizer Analog

 

CompusicianNews.com –Hardware- Untuk pertama kalinya sejak tahun 1997, para engineer dari Moog mengadakan workshop atau seminar 2 hari di festival Moogfest tahunan di North Carolina. Sebuah analog synthesizer yang mudah tempel dan edukatif bernama Werkstatt-Ø1 telah diciptakan untuk event tersebut dan 125 peserta diberikan penyuluhan untuk mebangun alat untuk mereka sendiri. Dalam minggu berlangsungnya Moogfest, perusahaan menerima sejumlah permintaan untuk membuat Werkstatt lagi supaya dapat tersedia secara luas. Moog telah merespon dengan menawarkan versi “tidak diperlukan pematrian (No Soldering Required)” dari alat untuk perilisan yang terbatas. Dalam seminar itu para peserta belajar membangun Werkstatt-Ø1 di acara tahunan Moggfest 2014.

Werkstatt-Ø1 sendiri diciptakan sebagai alat edukatif untuk mengajar pertemuan eletronik dan desain sirkuit analog. Seminar ini membentuk basis dari penyelenggarakan Moogfest 2014 yang diadakan pada akhir April lalu yang dibawakan oleh para engineer dari Moog dan dipimpin oleh ahli pengembangan produk, Steve Dunnington. Desain synthesizer analog Werkstatt telah dimodifikasi untuk menjadikannya pas untuk pengaturan non-seminar dan self-assembly kit tersedia di beberapa retailer seluruh Amerika Serikat.

“Merangkai Werkstatt-Ø1sangat sederhana, sehingga semua pengguna dapat dengan cepat membangun dan juga mempelajari sirkuit synthesizer analog yang didasarkan pada  sirkuit Moog yang klasik di rumah, “ kata Dunnington. “Sementara kita tidak dapat menduplikasi pengalaman Moogfest 2014, Werkstatt-Ø1 akan masih menawarkan pengalaman edukatif yang menyenangkan dan berarti untuk para pelanggan.”

Untuk merangkai Synthesizer, para pengguna akan membutuhkan obeng dan sepasang pemotong kabel. Circuitboard yang tercetak hadir dengan peralatan yang sudah didukung dengan switch, dial, knob dan keyboard dengan oktaf penuh. Meskipun Moog tidak merekomendasi modifikasi segala produk seperti Werkstatt dirancang untuk penggunaan edukatif, boardnya mencakup sejumlah poin ujian, jumper dan pad eksperimentasi berukuran 16×6 untuk membawa tweak dan hack. Boardnya yang tercetak ditempatkan dengan penutup metal dan bagian depan menunjukan beragam fungsi yang ditempatkan di atas. Input dayanya dan audio jack dapat ditemukan di bagian depan unit.

Werkstatt-Ø1 merupakan osilator yang dikontrol oleh voltase dengan 9 oktaf dengan jangkauan frekuensi ( 8 Hz-16 kHz). Filter yang terkontrol voltase adalah rumah untuk 4-pool Moog Ladder Filter ( 20 Hz – 20 kHz) dan kontrol resonan variable mampu membawa  fileter dalam proses osilasi. Sumber modulasinya diberkan sebaga2 waveform dengan frekuensi osilasi rendah antara 0.2 Hz – 600 Hz an sebuah variable attack/delay envelope dengan sustain on/off di masing-masing kontrol variable.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *