Music Sequencer, Merekam Segala “Gerak-Gerik” Tubuh Anda

 

 

CompusicianNews.com –Perangkat- Sequencer adalah mesin yang “memainkan” pertunjukan musikal yang mengatur segala alat yang dapat menghasilkan suara musikal (Bermain pitch, chord atau segala macam noise) seperti yang dimainkan oleh notasi dan saat memainkannya, Sequencer menggunakan pesan MIDI.

Kebanyakan Sequencer memungkinkan seorang musisi merekam penampilannya kedalam sequencer apabila sang musisi merekam penampilannya dalam tape kaset. Tapi tidak ada kaset tape yang dilibatkan dan Sequencer hanya merekam pesan MIDI nya selain suara atau sound yang actual. (Pesan MIDI ini biasanya disimpan dalam RAM selama rekaman, dan kemudian dapat disimpan ke flash disk atau perangkat penyimpanan lainnya.

Kebanyakan sequencer saat ini menyimpan pesan MIDI dalam MIDI File Format data files). Dalam kata lain, Sequencer secara elektronik merekam jari, kaki dan segala “gerak-gerik” anda dan Sequencer ini menjalankannya dengan menyimpan semua pesan MIDI yang dihasilkan instrumen musikal elektronik saat anda secara fisik memainkan instrumen.

Sequencernya juga menjaga track “Musical beat” selama rekaman sehingga Sequencer dapat merekam “ritme” gerakan anda (Ritme permainan anda). Biasanya, Sequencer menghasilkan suara metronome yang diikuti musisi selama fase rekaman dengan tujuan Sequencer secara akurat menangkap ritmenya dan juga menyimpan pesan MIDI yang dihasilkan.

Sequencer biasanya memiliki kontrol tempo yang dapat memainkan pertunjukan lebih cepat atau lebih lambat. Tidak seperti  Digital Audio Playback, dimana saat mengganti tempo playback MIDI Sequencer, tidak mengubah pitch atau timbre suara yang dihasilkan. Hanya mengubah temponya saja sehingga Sequencer menawarkankontrol tempo yang lengkap. Anda bisa mempercepat atau memperlambat suatu performance tanpa mengubah segala macam timbre dan pitch.

MIDI Sequencer juga menawarkan fasilitas dengan mudah untuk mentranspose bagian-bagian musikal, mute atau bagian individu tunggal, reroute bagian musik untuk memainkan berbagai macam modul suara dan membuat banyak perubahan dalam timbre/volume/panning/level effek/ dll ke bagian-bagian musik individu. Perubahan ini dapat dilakukan dalam real-time tanpa memakan banyak waktu, tidak seperti Digital Audio Playback.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *