Musik Dan Sains Bersatu Dalam Seni Grafiti

 

CompusicianNews.com –Artistik- Kyle Bustin, alumni yang baru lulus dengan gelar Sarjana Seni Murni dari Grenfell Campus, Kanada telah membuat sebuah mahakarya dengan menggabungkan antara musik dan sains menjadi suatu karya seni dimana dia membuat gaya graffitu mural dalam terowongan yang menghubungkan bangunan sains dan musik yang ditugaskan oleh 2 unit akademik

Ide aslinya yang berasal dari teman beda fakultas di kampus itu, Nova Scortia dan Bustin yang lulus tahun 2011 itu bertemu dengan Nova pada musim gugur, dan saat itu mereka berdua yang berasal dari 2 jurusan, musik dan sains menyatukan gagasan dan kemudian didesain dan meperoleh persetujuan dari semua dewan kampus, termasuk dekannya.

Mencampurkan 2 mata pelajaran ini ternyata tidak sesulit yang dipikirkan.

“Mural ini memulai dengan sebuah tongkat yang ada di salah satu ujung, kemudian di sisi musik dan berakhir dengan DNA strain diujung lainnya,” jelas sang seniman “ Selanjutnya ada instrumen musik, notasi dan hal-hal lain yang mewakili musik da nada gelas kimia, syaraf otak dan referensi lain yang berhubungan dengan sains. Di tengah-tengahnya ada gelombang suara dimana menurut saya dadalah jembatan perteluan antara musik dan sains.”

“Project khusus ini sangant menyenangkan karena saya dapat mengekspresikan dengan sedikit bebas,” kata Bustin. “Saya mulai dengan melukis gambar yang sudah disetujui tapi sedikit saya ubah supaya terlihat pas”

Diperlukan sekitar lebih dari 2 minggu dalam waktu 6  hari berturut untuk menyelesaikan mural yang besar yang juga mengalir disepanjang koridor dan tingginya kira-kira 12 kaki. Titik tertinggina bisa mencapai 150 kaki.

Dia memulai dengan warna dasar, mewarnai rumah dengan roller foam dan sikat, sebelum membangun dan mengencangkannya dengan semprot warna yang tajam

“Ide untuk terowongan mural berasal dari pertemuan pelajar musik di Balai Kota dan secara antusias diangkat oleh dekan Abraham. Kami berdua berpikir bahwa ini adalah cara yang luar biasa untuk membawa siswa-siswi kita bersama,” jelas Ellen Waterman, Dekan Musik. “Gambar yang dibuat Kyle Bustin cukup indah, kreatif dan inovatif, merupakan pertemuaan yang menggembirakan antara musik dan sains melalui seni visual.”

Bustin berkata bahwa dia lebih banyak menggambar dibanding melukis dalam project ini dan yang paling dia sukai dalam menggunakan Graffiti-Style untuk project ini adalah teknik-tekniknya yang menciptakan garis panjang yang berkesinambungan yang membantu menghubungkan karya keseluruhan bersama-sama.

“Saya mengigninkan transisi yang secara muslus dari ujung ke ujung, yang saya pikir begitu. Jika anda mengikuti perubahan yang terus menerus, tidak ada tempat dimana sains berhenti dan musik mulai, semuanya bersama-sama.”

Kyle sangat berbakat,” kata Dr. Andy Foster dari penghimpunan dekan sains. Merupakan terowongan seni yang luar biasa.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *