Musik Teknologi Bantu Kemampuan Berpikir Siswa

 

Compusiciannews.com – Pendidikan – Studi baru menyatakan bahwa pendidikan baru dapat meningkatkan prestasi siswa, meningkatkan keahlian belajar siswa dan meningkatkan fungsi otak lebih baik kedepannya. Kabar baik sekolah-sekolah adalah tidak atau tersediannya dana untuk kelas musik tidak menjadi penghalang untuk pendidikan musik teknologi baru karena musik teknologi menyediakan fasilitas kepada siswa yang mau belajar musik dengan biaya yang minim.

“We are what we do,” kata Nina Kraus, Profesor dan pemimpin investigator di Auditory Neuroscience Lab, Northwestern University. “And the brain helps prove that” pungkasnya.

Menurut penelitian  Kraus, sebagaimana penelitan-penelitian sebelumnya, saat musik dimainkan, neuron pada otak menghasilkan cermin elektrik dari suara yang didengar.

Dan yang mengaggumkan adalah ketergantungan otak pada pengalaman. Contohnya, jika otak mendengar beberapa nada dari lagu yang dikenalinya, bahkan saat lagu berhenti bermain, otak akan cenderung melanjutkan proses pencerminan beberapa nada berikutnya pada lagu.

 “Hal ini membuktikan kepada kita bahwa musik meningkatkan  pemrosesan suara dan ini akan teraplikasi pada keahlihan bahasa,” kata Kraus.

“Belajar musik juga dapat meningkatkan keahlihan berkomunikasi  dan fungsi biologis dan semua proses ini penting untuk literasi” tambahnya.

Tapi Kraus dan timnya ingin memperdangkal penelitiannya dan berfokus pada pertanyaan-pertanyaan “Pengaruh apa yang musik miliki dalam pengaturan kelompok yang ada di sekolah? Dan “Mampukah musik membantu  mengisi kesenjangan pengetahuan khususnya pada siswa yang mengalami kesulitan dalam hal biaya?”

Kraus menyekolahkan siswa kelas dua di Los Angeles ke Harmony Project (HP), program yang didanai oleh komunitasyang memberikan siswa yang mengalami kesulitan biaya memperoleh kursus selama 5 jam atau lebih setiap minggunya dan memperoleh pelatihan untuk membuat full band dan orchestra dan akses untuk dimentri atau diawasi.

Sejauh ini sekitar 1600 siswa dari 3 negara bagian  terdaftar di HP dan program ini telah menerima 2 penghargaan presiden dari White House.

“Musik tidak hanya membantu keahlihan belajar tapi membantu  siswa untuk memproses dan mengekspresikan perasaan terdalamnya” kata Margaret Martin, pendiri Harmony Project. “musik juga menigkatkan mood dan menyatukan perbedaan” tambahnya.

Lebih dari 6 tahun, 96% siswa SMA yang mengikuti HP lulus dalam waktu yang cepat dan melanjutkan kuliah.

Didorong dengan kesusksesan ini, Kraus menyekolahkan 80 siswa dari L.A ke HP,  sebagaimana 150 siswa baru di sekolah negeri Chicago fokus pada program musik dan semua siswa berasal dari siswa yang kurang mampu

“Kami sudah tahu bahwa terdapat hubungan yang kuat antara pendapatan orang tua dan berkurangnya stimulasi linguistic” Kata Kraus. “Jika pendidikan orang tua rendah dan siswa tinggal dengan keluarga yang memiliki masalah keuangan, di umur 5 tahun banyak anak akan memiliki kesenjangan yang besar. Mereka juga akan mengalami kebisingan syaraf dan kurang dapat merespon suara.” tambahnya

Kraus telah membayangkan jika anak dari keluarga yang kurang mampu dapat mengejar kemampuannya dengan anak dari ekonomi menengah dalam keahlihan bahasa dan pemrosesan.

Perangkat dari Jones, Playground Session membantu para siswa belajar piano menggunakan lagu-lagu popular. Playground Session juga memiliki video pembelajaran  interaktif dan waktunya berjam-jam dan dibintangi pianis terkenal David Sides yang mengajari lagu-lagu dan teori musik serta menjelaskan situs Playground Session

Platform Playground Session termasuk music store untuk music sheet, video pembelajaran, dan pengaturan MIDI keyboard untuk pembelajaran melalui musik popular.

Perangkat ini menawarkan 2 biaya berlangganan yang dibayar per tahun sebesar US$119.88  atau juga dapat dibayar per quarter sebesar US$ 44.97 untuk 3 bulan. Keanggotaan sudah termasuk kurikulum boot camp dengan pembelajaran pada kemampuan keyboard dasar, notasi, ear training dan ritme. Siswa juga dapat memperoleh diskon pada video tutorial dan sheet music.

Platform ini berjalan baik di PC maupun Apple.

Teknologi lain untuk para siswa yang tertarik dalam musik termasuk aplikasi video game yang baru dirilis yang mengajarkan anak-anak bagaimana bermain piano.

Aplikasi video game ini bernama Piano Wizzard yang sudah mengajarkan ribuan siswa bagaimana bermain dengan instrumen “Dalam waktu beberapa menit,” menurut waktu rilisnya dari Piano Wizard Academy.

“Saat ini Piano Wizard sudah masuk ke mobile dimana anak-anak dapat bermain dan belajar instrumen tanpa biaya perlengkapan atau biaya-biaya lainnya” Kata perusahaan pengembang Piano Wizard ini.

Menurut perusahan, aplikasi iOS gratis ini menggunakan sistem 5 langkah unik yang menekankan pembelajaran sensor yang meniru cara anda belajar bahasa yang kemudian secara gradual menunjukan bagaimana membaca notasi yang sudah anda pelajari untuk dimainkan

Piano Wizzard ini dapat diperoleh gratis melaui Kicstarter da nada biaya tambahan untuk lagu sebesar US$1 saja.

MakeMusic juga baru-baru ini diumumkan perilisannya untuk aplikasi iPad yang sekarang sudah tersedia di Apple App Store. Aplikasi pendidikan musik memberikan fungsionalitas yang digunakan di desktop versi SmartMusic, termasuk tools untuk berlatih (practice tool) assessment dan fitur-fitur lain yang mendukung dan semunya untuk digunakan di iPad.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *