Musik unik karya Steven Baber

 

CompusicianNews.com -Artistik- Musik merupakan suara yang melodis yang tercipta dari alat musik seperti gitar, drum, piano dan instrument lainnya. Suara-suara tersebut bergabung menjadi suara yang indah dan harmonis.

Namun demikian tidak hanya suara yang keluar dari alat musik saja yang bisa menghasilkan musik. Banyak benda di sekitar kita yang dapat menjadi alunan musik yang selaras. Salah satunya ialah musik ciptaan Steven Baber ini. Dia memiliki karya fantastis dengan menyulap sepeda dan perangkat musik tambahan menjadi alunan suara yang padu dan indah.

Steven baber, seorang composer atau pencipta musik yang bekerja untuk instansi Johnyrandom telah memproduksi banyak musik termasuk proyek iklan dari Google untuk Adidas. Namun pada musim panas lalu Baber sibuk menggarap proyeknya sendiri. Dia tertantang untuk membuat karya musik menggunakan sparepart sepeda. Dia menggunakan sepeda biasa dan sepeda gunung serta perangkat musik dan mikrofon.

Dia berkata “Saya ingin menciptakan suara yang indah dari perangkat ini dan juga ingin menerjemahkan suara yang dihasilkan ke dalam komposisi musik”. Baber mulai merekam suara mekanik yang ada seperti perputaran pedal, perpindahan gigi, pengereman. Namun dia juga menambahkan beberapa instrument lainnya dengan menggesek ruji sepeda menggunakan busur biola atau menyeret sisi samping ban saat berputar menggunakan alat untuk memetik senar gitar.

Baber telah melakukan percobaan selama 7 bulan untuk mengumpulkan ribuan suara dari instrument – instrumennya dan menggabungkannya menjadi “Bespoken”, atmosfir musik yang indah dari instrument tak terduga. Suara  yang dihasilkan benar-benar indah dan tidak ada yang menduga bahwa suara tersebut berasal dari pedal, gear, rem dan sparepart sepeda lainnya yang di padukan dengan instrument musik tertentu.

Kadang orang tidak habis pikir bagaimana para musisi mengembangkan idenya yang tidak masuk akal menjadi luar biasa. Namun seperti itulah seorang seniman. Mereka sangat unik dengan percobaannya tanpa kenal lelah mampu menghasilkan mahakarya luar biasa. Karena mereka mencintai musik seperti mencintai diri mereka sendiri. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *