NI KOMPLETE Kontrol S Series

Compusiciannews.com -Review- NI (Native Instruments) meluncurkan keyboard kontroler yang terintegrasi dengan software musik Komplete 10 Ultimate. Yaitu Komplete Kontrol S Series, keyboard kontroler MIDI yang didesain untuk browsing, bermain dan mengontrol software Komplete 10 Ultimate.

Ada 3 jenis Komplete S Series, yaitu S25, S49, S61. keyboard ini sangat kompatibel dengan software musik keluaran NI, khususnya komplete 10 Ultimate yang dilengkapi lebih dari 12 ribu sound unik dan puluhan software virtual instrument. 

NI Komplete Kontrol S Series dilengkapi tuts jenis synth action keyboard, buatan Fatar jagonya produksi tuts pada berbagai merk synthesizer. Kami mendapatkan kenyamanan tuts yang sangat baik saat memainkan piano,rhythm, arpeggio, dan lead cepat/lambat.

Pada panel bagian kanan atas keyboard terdapat sejumlah tombol navigate.  Tombol ini berfungsi untuk browsing seluruh data sound pada Komplete 10 Ultimate. Kami bisa membuka semua folder berdasarkan kategori untuk memilih instrumen yang diinginkan denga mudah. Tombol ini juga berfungsi untuk memilih menu parameter.

Kami juga memanfaatkan 8 buah knob kontrol yang berfungsi mengubah nilai parameter setiap software instrumen. Seluruh knob kontrol disertai fitur sensitivity. Untuk menampilkan nama dan nilai parameter dibawah knob, kami hany aperlu menyentuh permukaan knob secara lembut (tanpa memutar). Tampilan teks nilai parameter yang berada dibawah knob kontrol cukup tajam.

Karena keyboard kontroler ini sudah terintegrasi dengan Komplete 10 Ultimate, maka kami tidak direpotkan dengan urusan mapping. Semua knob kontrol sudah berfungsi megendalikan seluruh parameter software secara otomatis. Bahkan pada bagian kiri knob kontrol terdapat tombol navigasi (left, right) yang berfungsi mengubah halaman menu parameter dari setiap kategori virtual instrumen.

LIGHT GUIDE

Dari tekstur keyboard yang modern, NI Keyboard Kontrol menyertakan light guide, sistem LED berwarna yang ditempatkan di atas tuts. Light guide ini bisa difungsikan untuk menentukan variasi scale notes (dorian, pentatonic, japanese, arabian, javanese, dll). Untuk memainkan scale notes ini, kami hanya mengikuti LED yang menyala di atas tuts, dijamin tidak melakukan kesalahan.

Fungsi lain light guide adalah menentukan tuts mana saja yang aktif sebagai pattern loop. Misalnya, tuts C3 (pattern drum 1), tuts D3 (pattern drum 2), tuts E3 (pattern drum 3), dan seterusnya. Tidak hanya pattern drum, disediakan  pula banyak pilihan, seperti pattern bass, arpeggio, strumming guitar, dan lainya dari software Komplete 10 Ultimate yang dituntun oleh light guide yang berwarna ini.

TOUCH STRIPS

Kami menemukan pitch bend dan modulation wheel dalam bentuk touch strips. Permainan pitch bend dalam bentuk touch strips dapat dirasakan sensasi yang berbeda dibanding bentuk pitch bend traditional. Akurasi perubahan pitch tidak ada masalah bahkan cenderung mengasikan.

Begitu pula dengan kontrol modulation wheel, memanjakan jari kami mengubah efek filter cutoff cukup ekspresif dan menyenangkan. Modulation wheel ini, tentu dapat di-assign untuk mengontrol parameter LFO, efek depth, dan lainnya, tergantung setting parameter yang anda kehendaki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *