Navicula Mendukung Perjuangan Para Kartini Kendeng Dengan Lagu Baru

 

Compusiciannews.com -Komunitas- Selalu tanggap dengan isu lingkungan yang ada di Indonesia, grup grunge asal Bali, Navicula kembali bersuara lewat lagu. Navicula selama ini memang dikenal sebagai grub band yang sangat peka terhadap isu lingkungan dan isu sosial. 

Bisa dilihat dari berbagai karya mereka seperti lagu Orang Utan, Harimau, Busur Hujan, dll. Seolah tak mau tutup mata dengan kejadian Kartini Kendeng yang menolak pabrik semen di Pegunungan Kendeng, Jawa Tengah, Navicula mengeluarkan lagu baru berjudul 'Kartini'  untuk mendukung perjuangan mereka.

Peluncuran lagu ini, Navicula lakukan bertepatan dengan Hari Kartini beberapa waktu lalu di akun Facebook official milik Navicula. Dalam pengumuman tersebut, Navicula juga menyampaikan dukungan mereka terhadap perjuangan para Kartini Kendeng. Dalam status Facebook Navicula menulis, “Lagu baru kami persembahkan buat para perempuan pejuang ini. 11 April 2016, sembilan ibu dari Pegunungan Kendeng, Jawa Tengah memasung kakinya dengan semen di depan Istana Negara. Menolak pembangunan pabrik semen di Pegunungan Kendeng (Rembang, Blora, Pati, Gorobogan, Kudus).”

Navicula kemudian menjelaskan lebih lanjut tentang dukungan aksi penyemenan kaki yang dilakukan sembilan ibu tersebut, “Aksi menyemen kaki adalah penegasan sikap bahwa hadirnya pabrik semen di wilayah pertanian Pegunungan Kendeng sangat merusak sumber kehidupan dan lingkungan.”

Lagu tersebut Navicula luncurkan bersama video musik yang berisikan rekaman aksi demonstrasi Kartini Kendeng dalam penolakan mereka terhadap pembangunan pabrik semen di Pegunungan Kendeng, Jawa Tengah. Video tersebut menggunakan cuplikan gambar yang direkam oleh sorgemagz.com dan Watch Doc. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *