New, Open pada Mixcraft

 

CompusicianNews.com -DAW- Pertama-tama kita akan menjalankan software Mixcraft 6. Kita klik pada logo Mixcraft yang ada di computer kita.

Layar utama akan terbuka

 

Sekarang kita akan membuat new project dengan cara plilh salah satu template pada gambar dibawah ini.

New Project Dialog ditampilkan saat kita memulai sebuah proyek baru.

Pada tampilan ini kita bisa menentukan salah satu dari 3 type project, yaitu :

Record Yourself Or Your Band – Pilihan terbaik untuk membuat rekaman dari instrumen live atau mikrofon.

Build Loop & Beat Matched Music – Pilihan ini sangat bagus untuk pemain DJ atau musisi yang membuat musik dengan loop. Menu ini adalah pilihan yang baik jika kita membuat remix, mash-up atau loop based song.

Build Virtual Instrument Track – Pilihan menu ini baik [cocok] untuk membuat musik dengan instrumen virtual, MIDI dan loop.

Setelah memilih 3 type diatas maka kita tentukan Project Name – isi dengan nama project kita, dan tentukan project mau disimpan dimana dengan menentukan project folder [choose]. Lalu klik close, maka lembar kerja akan terbuka sesuai template yang kita pilih. Pada contoh ini kita memilih template Build Virtual Instrument Track.

 

Open file

Mixcraft dapat memuat file proyek Mixcraft (MX6, MX5, mx4, MX3) dengan mengklik menu “File” dan memilih “Open Project …” (CTRL + O). Arahkan ke file proyek kita, pilih dan klik “Open”.

Atau, kita dapat mengklik “Open Project” tombol pada toolbar atau klik “Browse …” pada “New Project Dialog”.

software ini juga dapat memuat file Mixcraft 2 proyek (MXC) dan Mixcraft Template (Template MX5, dan file Template).

 

Open file Mixcraft.

Klik Open > Load Project. Setelah kita klik open maka akan muncul kolom perintah untuk pencarian file yang akan kita buka pada lembar kerja.

Pada contoh disini kita akan memakai file bawaan dari mixcraft yaitu “Cauliflower” maka klik Open untuk membuka sample project ini. Tampilan akan seperti dibawah ini :

Project ini sudah dibuat oleh mixcraft dimana setiap track sudah diberi nama, sudah ada data file di tiap tracknya, dan sudah ditentukan virtual instrumennya. Maka cobalah untuk play project ini dan dengarkan hasilnya.

1.Open MIDI File

Menu Load Project   atau File > Open Project [Ctrl + O] maka akan muncul kolom Load Project dan kita cari file MIDI yang akan kita masukkan. Pada contoh ini kita akan pakai lagu “Aku anak Indonesia”.

Otomatis MIDI file yang sudah support dengan software ini akan kebaca, setelah ketemu maka kita bisa klik pada file lagu “Aku anak Indonesia”

lalu double klik atau klik > Open. Akan muncul tampilan seperti dibawah ini;

Otomatis lembar kerja semua track menjadi Instrument Track dan pada data setiap track itu adalah file MIDI yang kita import tadi. Disana terlihat project ini terdiri dari 7 track, dan perhatikan pada nama di masing-masing track sudah ada tertulis dengan instrument masing-masing seperti track 1 Bass (BB), track 2 Drum (BB), dan seterusnya. Sehingga mixcraft memudahkan kita untuk mengenali file tiap track tersebut.

Hasil dari import file ini tidak ada perubahan dalam tempo, key [nada dasar], dan time signature karena mixcraft menyesuaikan dari file yang dibuka. Kita bisa melihat di menu timeline disana tertera penjelasan untuk project yang sudah kita import, disana tertera tempo 100bpm, timesignature 4/4, dan key = C.

Bahkan di setiap track secara otomatis sudah terisi dengan suara instrument [sound bank] langsung mendekteksi file dan instrument apa yang harus mereka pilih sehingga sesuai dengan data awal, hanya saja ini memakai sound bank dari mixcraft [VST]. Kita juga bisa mengubah instrument tiap track atau dengan merubah jenis instrument seperti ‘bass akustik’ diganti dengan ‘bass elektrik’ dan seterusnya.

 

Dengan cara klik image   dan pilih instrumennya. [detail ada di tutorial Arming Virtual Instrument (MIDI) tracks] . Cobalah play dan dengarkan hasil dari import kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *