NotePerformer, Jembatan Kesenjangan Musik Teknologi

 

CompusicianNews.com –Produksi- Kemajuan teknologi dalam musik ternyata juga membuahkan dampak negative berupa kesenjangan antara komposer generasi ‘tua’ dan generasi ‘muda’ di Amerika Serikat. Generasi ‘tua’ menggangap bahwa komposer generasi ‘muda’ itu adalah komposer yang musikalitasnya rendah karena mereka hanya dibantu dengan adanya teknologi dan bahkan sebutan ‘midiot’ bagi komposer generasi ‘muda’ pun dilontarkan dari kelompok komposer generasi ‘tua’.

Satu hal lagi yang dengan jelas yang menyebabkan kesenjangan ini terus berlanjut dimana adanya diskoneksi yang aneh yang berlanjut antara software notasi dan sample package. Salah satu sebenarnya dapat mengintegrasikan kualitas sample yang professional dalam cakupan notasi namun masalahnya adalah pengaturannya yang sulit menciutkan keinginan banyak kostumer yang berpotensi dan hal itu tidak disadari oleh para pembuat software karena mereka berpikir bahwa melalui software, komposer akan dipuaskan dengan kecanggihan software notasi yang mempermudah mereka.

Revolusionari “NotePerformer” dari Arne Wallander seorang pembuat software notasi mampu menjawab kesejanjangan ini dengan memberikan produk yang terjangkau harganya ( US$129.00) yang mengklaim mampu memberikan playback yang lebih seimbang dan musikal dalam software Sibelius Notation. NotePerformer menggunakan sample library-nya sendiri, proses instalasinya sendiri dan secara otomatis mengintegrasi sebagai Playback Configuration File. NotePerformer ini sudah diuji dengan Sibelius 6 dan 7.5 dan hasilnyapun bagus untuk kedua platform ini

Setelah download dan instalasi yang mudah, NotePerformer harus ditambahkan sebagai playback configuration-nya sendiri dalam Sibelius. Pada poin ini, aplikasi ini mengambil alih, secara otomatis menugaskan instrumen ke indikasi score. Tidak ada pengaturan mixer yang dimainkan karena secara umum semuanya diatur oleh aplikasi itu sendiri.

Teknik String seperti Pizzicati atau touch fourth harmonicdalam keseluruhan bagian dimainkan kembali dengan indah sementara instrumen individu dimainkan dengan mulus antara teknik yang berbedaseperti legato dan marcato. Keseimbangan ansembelnya sangat bagus hanya membutuhkan penyesuaian mixer untuk memperoleh hasil yang diinginkan.

NotePerformer merupakan usaha yang dibuat dengan mempesona dan indah dan tentunya layak untuk menerima dukungan dari komunitas Sibelius. Melalui NotePerformer ini diharap juga menghentikan segala serangan terhadap teknologi MIDI dan juga diharap instrumen Wallander ini juga sukses dalam menjembatani kesenjangan yang ada dan terabaikan oleh perusahaan pengembang software notasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *