Otak Musisi Saat Tampil Memainkan Musik

 

CompusicianNews.com –Sains- Saat para musisi tampil, mereka mungkin terlihat tenang dan secara relative terkontrol. Tapi ternyata didalam otak mereka, ada semacam kembang api yang meledak-ledak.

Menurut video TED-ed animasi baru, saat seseorang mendengar musik, beberapa bagian otak diaktifkan; saat para musisi memainkan musik, mereka menyalakan secara praktis setiap area otak dalam sekejap.

Para ilmuwan telah menemukan bahwa memainkan musik meningkatkan komunikasi antara otak kanan dan otak kiri, yang membuat pemecahan masalah dan peningkatan memori otak berjalan lebih baik. Musisi juga  memiliki level fungsi eksekutif yang lebih tinggi yang membantu dalam perencanaan, penyusunan strategi, dan fokus pada detail.

Beberapa penelitian telah menunjukan betapa pentingnya pendidikan musik dalam membantu dalam peningkatan kinerja otak. Maka dari itu, perbanyaklah mendengar dan belajar musik untuk peningkatan kinerja otak kita. Berikut ini video ilustrasi bagaimana otak dari seorang musisi bekerja saat tampil dengan memainkan musik:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *