Ototo Mengubah Objek Biasa Menjadi Instrumen Indah

 

CompusicianNews.com -Artistik-: Rancangan kreatif yang berbasis di London dan studio Dentaku telah mengembangkan perangkat kecil yang memungkinkan pengguna untuk menciptakan instrumen sendiri setiap harinya dengan menggunakan barang-barang  yang ada. Ototo adalah Printed Circuit Board (PCB) synthesizer sederhana yang menggabungkan sensor, input dan touchpad sebagai sarana menghasilkan suara. Perangkat ini digunakan sebagai keyboard  atau dapat di-attach dengan material konduktif menggunakan crocodile clip untuk membuat instrumen-instrumen yang baru.

Suara yang dihasilkan oleh Ototo dapat dimanipulasi oleh modul elektronik yang terhubung ke sensornya. Dentaku menyarankan bahwa perangkat ini dapat digunakan untuk menciptakan “light theremin” yang menggunakan sensor cahaya untuk mengendalikan pitch suara. Percobaan lain juga termasuk membuat drum elektrik  dari panic atau origami yang dapat “bernyanyi saat disentuh”

Didukung  dengan 2 Batrey AA atau via mikro USB, Ototo juga kompatibel dengan platform Arduino jadi dapat juga dipasangkan ke komponen lain untuk dapat lebih menghasilkan karya musik yang ambisius. Sebagaimana seperti speaker onboard, perangkat ini memiliki 33 audio output yang berukuran 3,5 MM jadi dapat dengan mudah dihubungkan ke perangkat audio output. Pembuat perangkat ini berkata tidak  diperlukan seseorang yang ahli dalam pengkodean atau yang ahli dalam mensolder untuk menciptakan instrumen dan saat ini, pengembang sedang mengerjakan perangkat yang “tersedia untuk semua kalangan” dengan perilisan komersil dalam waktu yang dekat.

 “Kami Ingin menciptakan suatu alat yang dapat membuat proses komputasi fisik dan proyek interaktif yang dapat diakses untuk semua orang” kata Yuri Suzuki, Co-Founder Dentaku. “

“masuk dalam pengkodean dan memahami hal-hal elektronik dapat menjadi penghalang dalam kreatifitas; Ototo memungkinkan seseorang membangun proyek suara elektronik yang luar biasa dengan pengetahuan yang minim” pungkas Yuri.

Ototo mengingatkan pencobaan lain dalam sound production, seperti BeetBox yang mengubah akar sayuran menjadi instrumen musik dan MakeyMakey yang juga menjadikan semua objek menjadi instrumen musik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *