“Pasar Bisa Diciptakan”, Cerita Kegelisahan Efek Rumah Kaca Pada Industri Musik Tanah Air

 

Compusiciannews.com – Industri – Di kancah musik indie Indonesia, nama Efek Rumah Kaca (ERK) tentu tidak bisa diabaikan begitu saja. Ibaratnya, ERK adalah pemain pemula di yang menjadi tolak ukur bagi musisi indie Indonesia lainnya.

Grup band yang berformat trio ini terdiri dari Cholil Mahmud sebagai vokalis sekaligus pemain gitar, Adrian Yunan Faisal yang memainkan bass, serta Akbar Bagus Sudibyo sebagai penggebuk drum.

Hampir 10 tahun berkarya, ERK sudah menghasilkan dua album yaitu Efek Rumah Kaca di tahun 2007 dan Kamar Gelap di tahun 2008. Dari album yang sudah dirilis, dapat dilihat bahwa ERK memang memiliki kelebihan dalam pemilihan tema, musik, hingga penggunaan tata bahasa dalam liriknya.

Setelah sempat vakum lantaran ditinggal sang vokalis yang menempuh pendidikan di New York, beberapa waktu lalu ERK resmi merilis sebuah lagu bertajuk “Pasar Bisa Diciptakan”. Selain dilakukan pemutaran di seluruh radio di Indonesia, lagu ini pun bisa diunduh secara gratis.

Bagi para penggemar ERK tentu sudah cukup tahu bahwa “Pasar Bisa Diciptakan” adalah elaborasi dari lagu ERK sebelumnya yaitu “Cinta Melulu”. Keduanya memuat kisah kegelisahan ERK terhadap proses kreatif para musisi yang dihadapkan pada selera pasar dan industri musik.

Sebenarnya, lagu “Pasar Bisa Diciptakan” adalah bagian dari lagu yang lain, yaitu “Cipta Bisa Dipasarkan”. Keduanya akan disatukan dalam satu lagu baru dengan judul “Biru”. Aransemen dan suara gitar yang membahana menjadikan lagu baru ERK ini terkesan 'kaya' dan meninggalkan kesan positif bagi para pendengarnya.

Setidaknya, pendengar bisa menangkan rasa optimisme yang ingin diusung para personil ERK dalam lagu ini. Lagu ini juga menekankan pada pendengar tentang pentingnya melakukan eksplorasi dalam berkarya sehingga musik yang dihasilkan tidak itu-itu saja dan dengan tema-tema yang hampir sama.

Yang pasti, musik bagi para personil ERK bukan sekadar kendaraan yang sekadar ditunggangi demi meraih kesuksesan dalam hal materi. Meski tidak sekeras dulu, ERK berusaha untuk tetap berada di jalurnya dan mengungkapkan kegelisahan yang dirasakan ketika berhadapan dengan industri musik yang sepertinya seragam dan membosankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *