Pembajakan Dapat Membantu Industri Musik, Bagaimana?

 

Compusiciannews.com -Industri- Sebuah hasil penelitian akademik baru diterbitkan oleh Jurusan Ekonomi di Universitas Queen,Kanada yang menguji hubungan antara unduh BitTorrent dan penjualan album musik. Studi ini menunjukan bahwa pembajakan dapat menyakitkan penjualan namun juga dapat memberikan dorongan positif melalui promosi gratis.

Selama lebih dari 1 dekade, peneliti telah melihat dampak dari pembajakan musik online pada penerimaan industri rekaman dengan hasil campur. Sekarang ini jelas tidak terdapat dampak negative maupun positif secara universal dari pembajakan pada penjualan. Hasilnya tergantung pada jenis artis, genre musik dan media diantara variabel lainnya.

Studi yang baru saja diterbitkan baru-baru ini oleh Jonathan Lee di Universitas Queen, jurusan ekonomi, memberikan data yang menarik pada perbedaan dan kekusutan ini. Dalam sebuah karya ilmiah berjudul Purchase, Pirate, Publicize: The Effect of File Sharing on Album Sales, dia menguji efek dari pembajakan BitTorrent baik pada penjualan musik fisik maupun digital.

Tujuan dari studi ini adalah mencari tahu apakah penjualan pembajakan itu merugikan atau justru adalah bagian dari komponen promosi yang memiliki dampak yang lebih kuat.

“Dalam teori, pembajakan dapat merugikan penjualan resmi dengan membangun kapasitas flle berbagi namun juga  disisi lain dapat meningkatkan penjualan melalui kata-kata yang keluar dari mulut,” begitu penjelasan Lee.

Dengan menarik data set sebanyak 250.000 album dan 4,8 juta unduh dari tracker pribadi BitTorrent, dia menemukan dampak yang menarik. Hasil keseluruhan menunjukan dampak negative yang rendah pada penjualan album.

Selain itu, popularitas artis adalah faktor penting pula. semakin banyak artis popular melakukan secara relatif sebagaimana meningkatkan penjualan album digital yang meringankan kerugian pada sisi penjualan fisiknya.

“Dereta artis papan atas mungkin mengalami kerugian dalam penjualan, namun kerugian ini sebagian tergantikan dengan peningkatan pada penjualan digital dan dampak keseluruhannya kecil,” begitu tulis Lee dalam karya ilmiahnya.

Bagi para artis yang sudah populer sebenarmya memperoleh keuntungan pula dari pembajakan sementara pada dasarnya kebanyakan musisi merasa tersakiti akibat. Studi ini menambah debat yang tiada akhir dan ini adalah ilustrasi yang baik bahwa file-sharing dapat berdampak positif dan negative. Dan yang menimbulkan masalah lagi adalah data yang diperoleh sudah relative lama dari tahun 2008 dan industri musik telah berubah banyak hingga saat ini yang berate hasilnya pun juga berbeda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *