Penelitian di Universitas Cambridge: Selera Musik Menggambarkan Cara Kerja Otak

 

Compusiciannews.com – Pendidikan – Baru-baru ini, Universitas Cambridge merilis hasil penelitian yang mengungkap perihal pengaruh selera musik terhadap kerja otak manusia. Para peneliti di sana menggunakan teori empathizing – systemizing (E-S) untuk penelitian kali ini.

Empathizing (tipe E) menggambarkan keadaan manusia yang punya rasa peka lebih tinggi terhadap lingkungannya. Sementara, systemizing (tipe S) adalah kondisi yang menggambarkan kepandaian manusia dalam menganalisa cara kerja sesuatu. Sehingga, dari sinilah dapat diketahui bahwa selera musik akan bisa menggambarkan kepribadian atau karakter seseorang.

Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan lebih dari 4000 orang. Masing-masing orang diminta untuk mendengarkan dan menilai 50 lagu dari 26 genre musik yang berbeda melalui aplikasi Facebook. Jenis musik yang digunakan meliputi soft rock, folk, R&B, punk hingga heavy metal. Selain itu, para peserta juga diharuskan menjawab pertanyaan tentang musik dan kepribadian.

Akhirnya, hasil penelitian ini menyebutkan bahwa Queen adalah grup musik yang lagu-lagunya paling banyak didengar oleh partisipan bertipe E. Sementara, para partisipan bertipe S lebih menyukai musik-musik bertempo cepat seperti Sex Pistols misalnya.

Selain itu, penelitian ini juga memaparkan tentang musik-musik apa saja yang layak didengar sesuai tipe atau karakter diri. Misalnya bagi kamu yang ingin mengasah kepekaan dan rasa empati bisa mendengarkan lagu-lagu Jeff Buckley, Norah Jones, atau Queen. Sementara, kamu yang berusaha menjadi pribadi yang lebih sistematis disarankan mendengarkan lagu-lagu The Sex Pistols atau Metallica. 

Penelitian ini tentu saja dinilai akan sangat berguna dalam perkembangan industri musik. Misalnya Spotify atau Apple Music bisa memanfaatkan hasil penelitian ini untuk memahami kebutuhan para pendengarnya. 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *