Pengamen Boston Bawakan Lagu Indonesia Raya

 

Compusiciannews.com – Sosial Budaya – Peristiwa unik terjadi di Boston baru-baru ini. Pasalnya, di ibu kota Massachusetts, Amerika Serikat tersebut berkumandang salah satu lagu kebangsaan “Indonesia Raya”. Sebuah akun twitter @danrem pada 6 Mei lalu memposting sebuah video yang memperlihatkan seorang musisi jalanan luar negeri tengah duduk di dekat jalur rel stasiun subway yang berada di Boston dengan caption,

“Indonesia Raya dimainkan oleh musisi jalanan di salah satu stasiun subway Boston <3”

Video tersebut pun telah di-retweet oleh ribuan pengguna internet. Berbekal saxophone, musisi tersebut membawakan lagu Indonesia Raya di antara keramaian orang-orang di stasiun subway. Aksi yang terekam dalam video itu pun sukses menarik perhatian masyarakat Indonesia. Netizen pun ikut bahagia dan berbangga melihat lagu nasional karya W.R Supratman dibawakan di depan publik luar negeri. 

Hingga kini belum diketahui identitas dan motivasi pria berkulit hitam tersebut membawakan lagu Indonesia Raya. Namun terlihat dalam video, di depan musisi jalanan tersebut terdapat meja yang berisi gambar beberapa bendera negara lain. 

Rupanya ini bukan kali pertamanya lelaki tersebut membawakan lagu kebangsaan negara lain. Pada Oktober 2016 lalu pengguna facebook Maii Suthiparinyanon membagikan video dari musisi jalanan yang sama sedang membawakan lagu kebangsaan Thailand. Maii mengatakan saat dia sedang akan pulang ke rumah menggunakan kereta, Ia mendengar lagu yang familiar. Setelah didekati rupanya lagu tersebut lagu kebangsaan Thailand yang biasanya diputar pukul 8 pagi dan 6 malam di Thailand. Maii sempat berbincang dengan musisi itu yang menyatakan dukanya atas meninggalnya Raja Thailand, Bhumibol Adulyadej yang meninggal pada 13 Oktober 2016. Raja Bhumibol sudah berkuasa sejak 9 Juni 1946 setelah saudaranya, Raja King Ananda Mahidol meninggal akibat penembakan. 

Dilansir dari Censor.NET, pada April 2017 lalu seorang pengguna facebook Lidiia Kalinina juga mengupload video dari pria yang sama sedang memainkan lagu kebangsaan Ukraina dengan saxophonenya. 

“Saat dia tahu saya berasal dari Ukraina, dia kaget dan mulai memainkan ini (lagu kebangsaan Ukraina). Ini adalah pertama kalinya saya mendengarkan cover lagu kebangsaan saya dengan menggunakan saxophone. Boston, sepertinya kita akan akur,” tulisnya.

Tidak hanya di Boston, pagi tadi lagu Indonesia Raya juga berkumandang di Balai Kota Jakarta. Hal ini merupakan aksi simpatisan yang dilakukan para pendukung Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok atas vonis 2 tahun penjara dalam kasus penodaan agama. Dipimpin Addie MS yang berpakaian kemeja putih, ratusan pendukung Ahok menyanyikan lagu Indonesia Raya, Rayuan Pulau Kelapa, dan Garuda Pancasila. Paduan suara dadakan tersebut diminta untuk ikut berperan aktif di media sosial demi menyampaikan pentingnya jiwa nasionalisme. Mereka juga menggunakan hastag #paduansuarabalaikota di media sosial, seperti Twitter dan Instagram.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *