Penjualan Vinyl di Inggris Raya Mencuat Kalahkan Unduh Digital

 

Compusiciannews.com -Industri- Pertama kalinya dalam sejarah industri musik di Inggris, penjualan Vinyl berhasil mengalahkan unduh digital. Penjualan Vinyl melonjak hingga mencapai £ 2,4 juta dibanding digital yang hanya memperoleh £2,1 juta dan hal ini menunjukan bahwa pejualan musik fisik di Inggris menjadi cukup viral.

Ketertarikan dalam membeli format fisik dari vinyl mengalami kebangkitan selama 12 bulan terakhir. Pada tahun lalu saja penjualan album vinyl mencapai £1,2 juta sementara penjualan digital masih memimpin di angka £4.4juta. Vinyl juga mengalami pertumbuhan selama  tahun berturut-turut disamping masa kebangkrutannya di tahun 2006 lalu.

Kim Bayley, pimpinan pelaksana Entertainment Retailers Association, juga berkata bahwa fenomena ini berdampak pada peningkatan yang siginifikan dari jumlah tempat yang menjual vinyl  itu yang sekarang dijual diseluruh UK, dan para fans vinyl yang ingin memperoleh rekaman format fisik ini bisa mengunjungi toko-toko yang sudah cukup dikenal, seperti Sainsbury dan Tesco dan bahkan toko-toko interior di jalan utama seperti Tiger, juga menyediakan vinyl sehingga hal ini membuat penjualan vinyl ini semakin mudah terakses.

Bayley berkata penjualan vinyl telah mengalami peningkatan khusus di waktu-waktu sebelumnya karena  telah menjadi pilihan populer untuk kado Natal tahun ini. 10 vinyl teratas yang paling laris diantaranya adalah penyanyi Kate Bush, alm Amy Winehouse dan Busted berada dalam urutan top 10 dan bersamaan dengan soundtrack Guardian of the Galaxy dan album kompilasi Now That’s What I Call Christmas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *