Play the World, Mendengarkan Segala Jenis Musik Dari Seluruh Dunia

 

CompusicianNews.com –Programming- Synthesizer mencapai puncaknya saat Ferris Bueller menggunakan E-mu Emulator II untuk membawa “me-day,” tapi instalasi “Play the World” dari Zach Lieberman telah menjadikan keyboard elektrik kembali tersorot  dan sedikit memukau. Ditugaskan oleh Google sebagai bagian dari DevArt, sebuah program untuk mendorong kreativitas coding dan anehnya dapat mengubah kunci pada piano menjadi web browser musikal

Pertama, software custom dari Lieberman mengawasi ratusan streaming radio internet dari seluruh dunia dan mengkatagorikan notasi musikal pada masing-masing feed melalui pitch dan oktaf dalam real time. Software itu kemudian dihubungkan ke keyboard elektrik. Saat masing-masing key ditekan, akan menghasilkan stream atau aliran yang mencocokan ke notasi yang diharapkan. Semua keacakan pemindaian frekuensi radio tetap, tapi itu dilapisi ke skala musik diprediksi.

Fakta bahwa tidak ada sampel pra-sampel yang menambah tingkat signifikan kompleksitas teknis proyek, tapi selain membuat suara keren, Liberman ingin menggunakan instalasi ini untuk menghubungkan orang di selurh dunia.

10 speaker diurutkan secara melingkar mengelilingi keyboard dan memancarkan suara  dari arah geografik dari sumber relative stream ke seseorang yang sedang memainkan suara itu. sehingga jika pianisnya di London, dia dapat mendengarkan siaran radio Amerika di sebelah kiri dan sebelah kanan dia akan mendengarkan musik K-Pop yang berasal dari Seoul, Korea Selatan. Musik tarian popular dari Afrika, Azonto akan keluar dari sisi belakang pemain dan black metal Norwegia akan muncul dari sisi depan.

Masing –masing keystroke akan mengikat sound dari lokasi baru dan tanda menyala kecil dibawa masing – masing speaker menunjukan asal dari masing-masing sample.

Zach Lieberman bukan seseorang yang asing untuk masalah UI. Dia pernah menciptakan Open Framework, sebuah tool software yang memampukan segala macam instalasi seni menjadi #-D Printed Garment.  Dia juga sedang mengerjakan tool open source yang memungkinkan orang yang lumpuh menulis hanya dengan mengedipkan mata saja. Karyanya begitu beragam dan karyanya ini ditujukan agar semua kalangan dapat mengekspresikan diri mereka sekreatif mungkin dalam segala macam cara kemungkinan ekonomisnya. Berikut ini video demonya oleh sang pembuat, Zach Lieberman:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *