Senin, 22 Juli 2019

Music Technology Lifestyle

12 Manfaat Pendidikan Musik

Penulis :
Kamis, 23/04/2015 09.00.00 | Dibaca: 9474




12 Manfaat Pendidikan Musik

makingmusicprayingtwice.com


Compusiciannews.com -Pendidikan- Pendidikan musik memberikan manfaat bagi kehidupan manusia. Banyak ahli maupun masyarakat telah mempercayainya. Tapi apa saja manfaat tersebut? Simak 12 Manfaat berikut ini. 

1. Pelatihan musik pada usia dini akan membantu otak untuk meningkatkan kemampuan bahasa dan penalaran. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa pelatihan musik yang dilakukan secara motorik akan mengembangkan bagian dari sisi kiri otak yang memproses/mengolah kemampuan bahasa tersebut. Terus mengupdate lagu baru juga akan membantu meningkatkan kualitas memori otak kita.

2. Ada juga hubungan sebab-akibat antara musik dan kecerdasan spasial (kemampuan untuk melihat dunia secara akurat dan membentuk gambaran mental tentang segala sesuatu). Ini merupakan jenis kecerdasan dimana seseorang dapat memvisualisasikan berbagai elemen pada saat yang sama. Musik sangat bermanfaat untuk membantu problem solving, seperti layaknya memecahkan soal matematika, atau dalam kehidupan sehari-hari, belajar menghitung dan menata isi tas secara tepat.

3. Musik juga membantu setiap orang untuk berpikir kreatif dan memecahkan masalah dengan membayangkan berbagai solusi.

4. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa siswa yang mempelajari musik akan lebih memiliki keunggulan pada tes tertentu.

5. Musik memiliki nilai empati, menyadarkan setiap orang akan pentingnya menghargai perbedaan. Hal positif yang bisa dipetik adalah, musik memberikan kesempatan untuk menghapus “jurang budaya” yang mengarah pada hal diskriminasi.

6. Para siswa yang belajar musik sangat menyadari bahwa mereka harus bekerja dengan sungguh-sungguh dan detail. Musik mengajarkan ketelitian.

7. Melalui musik setiap orang belajar bekerja-keras. Hanya dengan kerja keras akan dicapai sebuah kesuksesan. Dalam memainkan musik sudah tentu setiap orang dituntut untuk detail, baik mulai dari bagaimana cara memainkannya, membaca notasi dengan benar, hingga membagi sesuai porsi ketika harus bermain musik bersama-sama.

8. Pelajaran musik juga meningkatkan keterampilan kerja sama tim dan disiplin. Supaya sebuah orkestra terlihat bagus, semua pemain harus bekerja-sama secara harmonis menuju tujuan yang sama, dan harus berkomitmen untuk belajar musik, menghadiri latihan, dan berlatih.

9. Musik membantu anak-anak untuk mengekspresikan diri mereka.

10. Dalam pelajaran musik, siswa juga dapat belajar berkomunikasi dan bekerja sama dengan satu sama lain.

11. Musik juga mengajarkan anak-anak muda untuk tidak takut menghadapi sesuatu dan berani mengambil risiko. Berani mengambil risiko sangat penting untuk meningkatkan potensi diri. Musik bagi anak-muda tentu saja juga membantu memberikan kontribusi untuk kesehatan mental dan dapat membantu mencegah perilaku yang berisiko tinggi, seperti penyalahgunaan narkoba.

12. Sebuah pendidikan musik membuat anak-anak untuk menjadi unggul, tak tertandingi.

(Disarikan dari: “Dua Belas Manfaat Pendidikan Musik”, ditulis oleh Carolyn Phillips, mantan Direktur Eksekutif Norwalk Youth Symphony, CT).

 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda