Jumat, 19 April 2019

Music Technology Lifestyle

3 Hal Penting Dalam Proses Rekaman

Penulis :
Minggu, 27/07/2014 07.00.00 | Dibaca: 6631




3 Hal Penting Dalam Proses Rekaman

http://2themillbeats.com/


CompusicianNews.com –Studio- Vokal hip-hop, seperti genre lain, merupakan jiwa dari sebuah lagu. Banyak artis muda memiliki konsep yang salah bahwa software dapat melakukan segalanya hari-hari ini.

Lebih tepatnya, software rekaman sekarang hanya dapat memproses sebuah suara menjadi lebih indah dan enak didengar namun hasilnya tergantung bagaimana kita dalam melakukan proses rekaman, jika instruemnnya kurang mendukung, mau secanggih apapun softwarenya meng-edit atau mixing, hasilnya pasti akan kurang memuaskan. Berikut ini beberapa hal yang dapat anda pelajari dalam merekam suara:

 

1. Studio

Memilih pengaturan rekaman adalah kunci faktor dalam memberikan vokalis suatu ruang untuk memberiakan percobaan yang terbaik. Pilihlah studio yang anda anggap nyaman untuk anda dapat mengerjakan projek bersama ahli rekaman anda.

Ahli itu harus mengerti kebutuhan anda dan  dan kelemahan anda, tidak hanya memaksa sang artis untuk memberikan usaha yang terbaik tapi dia juga perlu tahu bagaimana artis itu dapat memberikan yang terbaik supaya sang artis sendiri tidak tertekan.

Seorang ahli yang baik dapat membuat segala macam perbedaan dalam membantu artis mengatasi masalah kepercayaan mereka. Jika anda melakukan rekaman di studio, pastikan bahwa anda menginformasikan pada sang ahli mengenai keperluan spesifik anda. Hal ini dapat menyertakan pop fileter, mik spesifik atau hal-hal lainnya yang anda perlukan dan jika anda melakukan projek di rumah, pastikan tidak ada echo atau suara noise yang merusak kualitas hasil rekaman.

 

2. Mic

Penempatan adalah kunci. Sesuaikan dengan tinggi anda supaya suara dapat ditangkap dan sekali lagi, pastikan anda dalam posisi nyaman karena itu kunci dari sebuah hasil rekaman yang baik.

Jarak anda dan mic memiliki peran penting dalam hasil rekaman nantinya.  Pastikan anda menjaga jarak anda dengan mic kapanpun selama proses take rekaman

Banyak penyanyi hip-hop dan rapper maju mudur saat mereka menyanyikan lagu dan ini memiliki efek langsung pada vokal kecuali anda akan mengubah proses take. Jangan sentuh stand pada mic atau menggerakannya karena dapat berpengaruh besar untuk hasil rekaman

Pastikan jangan ada suara bising yang mengganggu karena mic modern sekarang ini sangat tajam dan sensitif dalam menangkap suara vokal anda.

 

3. Proses Rekaman

 

Vokal kering adalah lumpuh basah yang dapat dibentuk kedalam sebuah mahakarya. Proses rekaman dengan vokal kering memungkinkan anda untuk dapat membuat ulang dan menambah EQ apapun yang anda sukai.

Beberapa artis hip-hop memilih untuk menggunakan teknik vokal “punch in and out” atau sebuah teknik vokal yang dilakukan untuk rekaman dengan track yang beragam,  karena perbedaannya hanya sedikit. Jadi ini lebih ke pilihan pribadi tapi yang pasti perbedaannya tidak begitu menyolok jika seorang awam mendengarnya.

Dengan software seperti ProTools, Cubase dan laiinya, anda dapat menghapus suara nafas yang terekam.

EQ sendiri merupakan filter yang jelas dan fleksibel yang dapat digunakan saat proses editing dan mixing.

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda