Jumat, 19 Juli 2019

Music Technology Lifestyle

Akhir Dari Sengketa Bintang YouTube dan Label Rekaman

Penulis :
Jumat, 14/08/2015 11.47.11 | Dibaca: 1572




Akhir Dari Sengketa Bintang YouTube dan Label Rekaman

billboard


Compusiciannews.com -Isu Terkini- Pada hari Rabu (12/08) lalu, sengketa antara bintang YouTube Michelle Phan dan label Ultra Records berakhir.

Ultra, sebagai rumah bagi beberapa artis musisi dan penyanyi seperti Kaskade, Deadmau5 dan Calvin Harris, menuntut Phan pada Juli 2014 lalu dengan alegasi melakukan perjanjian kontrak endorsement dengan produk-produk kecantikan, seperti Endemol, L’Oreal Cosmetic, Dr. Pepper dan lain sebagainya dan juga melakukan pelanggaran atas komposisi musikal dan rekaman.

Sengketa hak cipta di pengadilan federal California dari Ultra ini mendorong beberapa perhatian ke arah musik background yang digunakan dalam beberapa video viral yang ada di platform berbagi video dari Google itu. Ultra menduga bahwa Phen telah menerima jutaan dolar dari videonya tanpa membayar apapun atas eksploitasi rekaman suaranya dan hak publikasi

Dalam tuntutan balasannya pada September 2014 lalu, Phan mengklaim dia adalah market power dan label rekaman itu sangat ingin mejangkau jutaan penggemarnya, pihak label yang mendatanginya agar bintang YouTube ini bisa tampil di video-nya dengan menunjukan teknik-teknik make-up.

Namun, itu bukan yang terjadi dalam situasi ini. Phan berkata dia yang mendatang media manager dari Ultra Jason Kilgore untuk ijin menggunakan musik Kaskade dengan balasan berupa kredit dan tautan pembelian di iTunes dan sudah disetujui. Selebihnya, dia berkata bahwa dia telah mencapai kesepakatan dimana Kilgore berjanji kepada Phan bahwa dia akan merilis klaim ini pada video Youtube-nya berupa pemberian “Content ID System.”

Setelah persetujuan ini, Phan berkata bahwa dia akan memperoleh paket promosional CD yang featuring Kaskade fan artis-artis lainnya dan dia mentautkannya seperti yang dia janjikan. Dengan memasukan lisensi yang pasti kedalam musik, pengacaranya hendak menunjukan bahwa Ultra menerima keuntungan finasial secara benefit dari aransemen ini hingga label ini memulai tindakan yang berlaku dalam Digitlal Millenium Copyright Act. Saat itu terjadi, video dari Phan ini dihapus. Dia mengklaim bahwa Ultra melanggar DMCA dengan kekeliruan dan telah merusak hubungannya dengan YouTube.

Dalam meresponi itu, pengacara Ultra berkata kepada pengadilan bahwa lisensi seperti itu belum pernah ada, dan bahkan jika ada, itu tanpa konsiderasi dan sudah dicabut lama sebelum pengajuan sengketa ini.

Dalam penyelesaian ini belum ditutup dan pengacara dari 2 pihak tidak memberikan komentar apapun. Ultra diwakili Christine Lepera dan Bradley Mullins sementara Phan diwakili oleh Allen Grodsky dan Marc Ehrlich.  

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda