Senin, 22 Juli 2019

Music Technology Lifestyle

Aplikasi Streaming Music yang Hemat Data

Penulis :
Jumat, 23/12/2016 12.00.00 | Dibaca: 2617




Aplikasi Streaming Music yang Hemat Data

http://print.kompas.com/


Compusiciannews.com - Distribusi- Mendengarkan musik atau lagu merupakan salah satu sarana untuk menghilangkan bosan. Menurut Daily Health Post, musik dapat memberikan efek yang positif pada tubuh, baik secara fisik maupun mental khususnya dalam meningkatkan kemampuan otak. Banyak alat yang di gunakan untuk memutar musik seperti radio, laptop, dan juga smartphone.

Namun, yang paling lebih efisien untuk memutar musik adalah smartphone karena lebih simpel saat digunakan. Sekarang sudah banyak aplikasi streaming musik Android yang menyediakan banyak sekali lagu untuk diputar secara gratis. Walaupun dibilang gratis, namun aplikasi ini tetap akan menyedot kuota internet saat kita menjalankan aplikasi ini. Kuota data internet merupakan salah satu masalah yang sensitif bagi mayoritas pengguna internet di Indonesia. Hal ini juga yang menjadi pertimbangan khusus ketika mereka ingin menginstall atau menggunakan aplikasi tertentu. Berikut besarnya konsumsi data untuk beberapa aplikasi streaming music.

JOOX

Aplikasi ini dikembangkan oleh Tencent Holding Ltd yang juga mengembangkan WeChat. Sama dengan aplikasi streaming lainnya, pengguna bisa membayar untuk menikmati semua fitur yang ada, seperti mengunduh musik dan menikmati semua lagu yang ada. Layanan VIP Joox bisa dibeli dengan harga mulai dari Rp 25.000 per minggu, Rp 49.000 per bulan, hingga Rp 509.000 per tahun. Aplikasi ini tersedia di Android, iOs dan PC. Berikut besarnya data internet yang harus dikeluarkan untuk JOOX.

Low quality: 64 kbps (0.5 – 1MB/lagu)

Normal quality: 96 kbps (1 – 2 MB/lagu)

Medium quality:    128 kbps (3 – 4 MB/lagu)

High quality: 192 kbps (3.5 – 5 MB/lagu)

 

Spotify

Spotify merupakan aplikasi streaming musik asal Swedia yang memiliki dua tipe streaming yaitu tipe Free dan Premium. Tipe Premium lebih banyak mendukung fitur seperti peningkatan kualitas audio, fitur download untuk dimainkan secara offline dan tentu saja tanpa iklan. Spotify bisa digunakan untuk perangkat Android/iOS, PC atau laptop. Koleksi music Spotify tergolong luas, karena diperbaharui setiap minggunya. Berikut adalah konsumsi data internet jika kita menggunakan Spotify.

Normal quality: 96 kbps (1 – 2 MB/lagu) atau 0,72 MB/menit

High quality: 160kbps (4 - 5 MB/lagu) atau 1,2 MB/menit

Extreme quality: 320kbps (8 - 10 MB/lagu) atau 2,4 MB/menit

 

Apple Music

Aplikasi streaming musik yang dikerjakan langsung oleh Apple memanfaatkan koleksi iTunes. Biaya berlangganan Apple Music adalah Rp 69.000 per bulan atau Rp 109.000 untuk beberapa anggota keluarga. Aplikasi ini bisa dinikmati di Android dan iOS. Berikut besarnya data internet yang harus dikeluarkan untuk Apple Music.

Low quality: 64 kbps (0.5 – 1MB/lagu)

Normal quality: 128kbps (3 – 4 MB/lagu)

High quality: 256kbps (6 - 8 MB/lagu)

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda