Sabtu, 20 Juli 2019

Music Technology Lifestyle

Apple Akan Kalahkan Spotify dan Pandora

Penulis :
Jumat, 13/02/2015 09.00.00 | Dibaca: 2605




Apple Akan Kalahkan Spotify dan Pandora

fool.com


Compusiciannews.com -Isu Terkini- Apple mengakuisisi Beats Music dan Beats Electronic sebesar US$3 Milyar tahun lalu, namun masih cukup aneh berkenaan dengan rencana jangka panjang untuk pembuat headphone, speaker dan audio software ini.

Bagaimanapun, 9to5 Mac melaporkan minggu lalu bahwa Apple akan segera meluncurkan layanan musik rebrand-nya yang mengintegrasi beberapa fitur Beats. Layanan baru ini dilaporkan diintegrasi kedalam aplikasi musik iOS, yang akan menambah playlist expert, stasiun radio dengan konteks yang sensitive dan kemampuan untuk streaming atau mengunduh musik ke iTunes Library.

Apple dapat meluncurkan layanannya hanya dengan US$7,99 per bulan, yang harganya lebih rendah dari Spotify yang biaya sekitar US$ 9,99 per bulan untuk layanan premiumnya namun masih kalah murah dengan Pandora yang mengenakan biaya sekitar US$ 4.99 sebulan untuk layanan subskripsinya. 9to5Mac juga melaporkan bahwa aplikasi baru akan diluncurkan di layanan Android Google.

Ini bukan merupakan usaha pertama Aple untuk mengganggu pasar streaming radio. Sebelumnya Apple telah meluncurkan iTunes Radio di tahun 2013 untuk menantang Pandora dan Spotify, namun platform ini belum dapat menyamai jumlah pengguna Pandora maupun Spotify. Dan akankah dengan proses reboot Beats Music, Apple dapat mendongkrak penggunanya menyamai Spotify dan Pandora?

Melihat kompetisi yang ada

Mari kita lihat bagaimana Apple dan Beats membandingkan dirinya dengan layanan radio internet paling populer, seperti Pandora, Spotify dan Rdio.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Meskipun Pandora memiliki music library yang palng kecil, dan iTunes Radio sudah mengurangi biayanya per tahun, Pandora masih menjadi basis pengguna terbesar. Basis pengguna Beats, menurut gambaran mengalami kebocoran pada Maret tahun lalu dan jauh terlalu kecil untuk menghasilkan penerimaan yang berarti bagi Apple.

Perbedaan antara pendengar aktif dan pendengar berbayar

Bagaimanapun, Pandora mengalami penurunan secara substansial dalam hal penerimaan dari pengguna berbayar. Kwarter terakhir, penerimaan Pandora dari iklan yang dimana platform ini dapat memperoleh penerimaan dalam layanan gratisnya, naik 36% dari tahun ke tahun hingga memperoleh US$ 220 juta dan terhitung sebesar 82% dari top-linenya. Dengan perbandingan, Spotify berlawanan dengan Pandora, dengan menghasilkan US$ 395 juta atau sekitar 91% dalam penerimaan dari pelanggan di tahun 2013, naik dari 87%. Dan penghasilan ini kebanyakan dari iklan atau layanan freemiumnya.

Model bisnis Spotify lebih sustainable karena Spotify menghasilkan penerimaan yang lebih dapat diprediksi pertumbuhannya. Namun, kedua perusahaan yang sedang beroperasi dengan kerugian yang besar yang dikarenakan harga akuisisi konten yang tinggi, dalam hal ini royalty musik kepada organisasi hak cipta seperti SoundExchange. Pada fiscal 2014,  akuisisi konten Pandora naik 30% dari tahun ke tahun hingga mencapai US$446 juta.

Dan masih belum jelas berapa banyak pengguna iTunes Radio berbayar, namun Apple berencana untuk mengalahkan Spotify dengan aplikasi Beats/iTunes yang di-reboot dengan biaya subskripsi yang lebih murah.  

 

Kunci Keutungan Apple

Namun Apple dalam hal ini memiliki keuntungan yang tidak dimiliki Pandora dan Spotify, yaitu berupa toko musik online yang sudah berdiri tegak yang memberikan proses negosiasi kepada pihak label dengan impresif.

iTunes Radio memampukan pendengar untuk dapat membeli dan mengunduh track streaming ke iTunes librarynya. Karena iTunes Store telah menjadi toko musik online terbesar sejak 2010, stasiun radio streaming yang juga mengiklankan unduh digital mempunyai win-win solution antara Apple dan musisi.

Apple juga menawarkan persetujuan lisensi indie dengan memungkinkan para artis melalui SoundExchange dan organisasi serupa memberikan kepada penulis lagu potongan 10% dari penerimaan iklannya, dan itu lebih dari double yang Pandora tawarkan, yatu sebesar 4%. Dan untuk menenangkan label rekaman, Apple juga menawarkan royalty sebesar US$ 0,13 setiap lagunya diputar dan 15% dari penerimaan iklan selama tahun pertama. Dan untuk tahun kedua akan naik, sebesar US$0,14 per play dan 19% dari penerimaan iklan. Perbandingan ini dilakukan dengan Pandora yang hanya membayar US$0,12 per play.

Selain itu banyak artis yang telah menarik semua katalognya dari Spotify dan Pandora, seperti Taylor Swift, Coldplay dan beberapa artis laiinya dan berbeda dengan iTunes dimana band U2 memberikan album barunya secara gratis bagi pengguna iTunes dan Beats. Dari sini ada kemungkinan besar bahwa bisa jadi Beats yang akan di-reboot oleh Apple akan mengalahkan layanan streaming yang sudah ada, khususnya Spotify dan Pandora.

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda