Jumat, 27 April 2018

Music Technology Lifestyle

Apple Kerjasama Dengan Shazam, Spotify dan Snapchat Ikut Nimbrung?

Penulis :
Kamis, 14/12/2017 09.00.00 | Dibaca: 332




Apple Kerjasama Dengan Shazam, Spotify dan Snapchat Ikut Nimbrung?

google


Compusiciannews.com -Industri- Bisnis Shazam fokus dalam pengenalan musik: pengguna aplikasi tersebut mengirim hasil screenshoot salah satu klip musik yang akan dicari, kemudian akan disinkronkan dengan data yang ada dalam aplikasi tersebut sehingga dapat menunjukkan judul lagu atau musik yang akan didengarkan. Bisnis ini sudah memberikan lebih dari 1 milyar downloader aplikasi tersebut sampai hari ini.

Selama beberapa tahun, Shazam sudah menyediakan layanan kepada para pengguna untuk mendengarkan dan mengunduh file musik dari aplikasi tersebut, dan memberikan informasi lebih lanjut tentang musik dan artis di balik musik atau lagu tersebut. Tak hanya melalui musik, pengguna juga dapat mengakses informasi musik yang diinginkan dengan mengirim hasil screenshoot video klip yang dimaksud.

Melalui perjalanan panjang, Shazam telah mengembangkan bisnisnya dengan membentuk kerjasama yang menarik, khususnya dengan Apple dan Spotify (keduanya mendapatkan sekitar lebih dari 1 juta per bulan via Shazam), dan juga Snapchat, yang baru-baru ini bergabung dengan Shazam. Pengguna Snapchat dapat mengetahui atau menemukan musik yang sesuai dengan konten Shazam, dan mengirimkan musik tersebut beserta artisnya kepada teman mereka di Snapchat.

Apple dan Shazam sebenarnya sudah membangun hubungan yang baik selama beberapa tahun. Tetapi kerjasama besar keduanya terpaksa tertunda karena ada kabar bahwa Snapchat akan membeli Shazam.

Snapchat juga mengakui bahwa melalui kerjasamanya dengan Shazam, maka pengenalan para pengguna Snap terhadap musik berjalan dengan baik.

Melihat peluang ini, maka Shazam mulai berpikir dan menghitung ada berapa banyak platform sosial media yang mau membayar untuk kerjasama dengan aplikasi tersebut.

Eddy Cue, Senior Wakil Presiden dari divisi Internet Software and Services melihat ada kesempatan bagi Shazam untuk membantu meningkatkan bisnis musik tersebut. Setelah diluncurkannya iPod, maka Apple melihat bahwa musik sudah lama menjadi prioritas perusahaan tersebut. Akhir-akhir ini, Shazam fokus meningkatkan perkembangan Apple Music

Cue yakin bahwa Shazam dapat membantu meningkatkan penawaran dan membuat aplikasi Apple Music tersebut menjadi aplikasi yang lebih besar, menemukan musik, membuat laman artis terkait musik tersebut, dan konten lainnya yang berhubungan dengan musik.

Shazam telah bekerjasama dengan Apple, dan memungkinkan membuat 100 juta para penikmat musik memainkan musik dalam Apple Music, dan memberikan layanan bagi para pengguna untuk langsung membeli musik tersebut langsung melalui iTunes.

 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda