Rabu, 17 Juli 2019

Music Technology Lifestyle

BJ Habibie Temui Pengusaha UKM Jawa Tengah di Batik Keris Solo

Penulis :
Rabu, 29/06/2016 15.43.16 | Dibaca: 1591




BJ Habibie Temui Pengusaha UKM Jawa Tengah di Batik Keris Solo

compusiciannews.com


Compusiciannews.com -Sosial Budaya- Dalam menyambut tema Indonesia Berkarya, Batik Keris Solo pada hari Rabu (29/06) mengadakan sebuah acara dengan mengundang para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dari beberapa daerah di Jawa Tengah. Dan juga bertepatan dengan kunjungan mantan Presiden RI yang ke-3 Baharudin Jusuf Habibie dalam rangkaian acara launching film Rudy Habibie di Solo,  beliau menyempatkan untuk mampir  di Batik Keris Solo untuk berjumpa dengan para pelaku UKM.

Dalam wawancara dengan komisaris utama Batik Keris, Ibu Lina Handianto, menjelaskan bahwa acara ini juga akan mengangkat sang mantan presiden sebagai bapak angkat UKM karena apresiasi beliau di bidang industri kreatif yang tersirat dalam film-nya, Rudy Habibie.  Ibu Lina mengungkapkan  bahwa film ini sangat menginspirasi khususnya bagi para generasi muda bangsa. Binaan dari Pak Habibie untuk UKM dijelaskan oleh Ibu Lina bisa terhitung ribuan tersebar di seluruh Indonesia, tidak hanya di Jawa Tengah saja.

Dengan diangkatnya Bp BJ. Habibie sebagai Bapak Angkat UKM, harapan Ibu Lina sebagai pelaku industri kreatif batik supaya batik ini bisa lebih Go International dan dalam perkembangan teknologi ini harapannya Batik bisa dibuat karya 3 Dimensi atau 4 Dimensi. Batik Keris juga dalam hal ini menjual batik cetak karena jika yang dijual semua batik tulis akan mahal dan maka dari itu, batik cetak diproduksi supaya dapat dinikmati oleh semua kalangan masyarakat dengan kualitas dan harga yang pas. Bersamaan dengan hadirnya Bp Habibie, Batik Keris juga memperkenalkan Batik Bercerita yang terdapat motif-motif yang menggambarkan kehidupan Bp BJ Habibie.

Menurut Ibu Lina Sendiri, Industri Batik mengalami kemajuan yang cukup signifikan dan dia mengungkapkan di Indonesia sendiri, Batik sudah digunakan secara nasional dan bahkan sekarang dunia internasional sudah memasukan unsur-unsur batik dan dengan dikumpulkan para pengusaha UKM, diharap dapat saling bekerja sama untuk mewujudkan harapan batik bisa menjadi karya internasional. Semenjak ada pernyataaan UNESCO bahwa Batik adalah karya asli Indonesia, disitulah batik mengalami kebangkitan karena masyarakat sudah menyadari bahwa Batik adalah karya Indonesia.

Batik Keris sendiri berdiri dari tahun 1920 dan awalnya merupakan Home Industri yang hingga saat ini menjadi outlet terbesar di Solo untuk produksi Batik. Dikelola oleh sang generasi ketiga dari keluarga Handianto yang terdiri dari 6 bersaudara, Batik Keris sekarang sudah memiliki cabang di beberapa daerah di Indonesia. Pada tahun 1998, Batik Keris menjadi korban kerusuhan namun kembali dibangun pada tahun 2001.

 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda