Jumat, 19 April 2019

Music Technology Lifestyle

Belajar Instrumen Musik Secara Digital

Penulis :
Selasa, 05/08/2014 07.00.00 | Dibaca: 4944




Belajar Instrumen Musik Secara Digital

thefutureofmusic.org


CompusicianNews.com -Learning Apps- Tidak bisa dipungkiri, sekarang kita hidup dalam era digital. Segala hal dapat kita lakukan secara digital, termasuk dalam belajar bermain musik.

Belajar musik tidak selamanya harus didalam kelas dan didampingi oleh seorang pengajar, tetapi kini ada cara yang lebih praktis untuk mengembangkan kemampuan musik anda, yaitu lewat media-media digital. Dengan media digital, anda bisa belajar musik di tempat anda sendiri dan dengan waktu yang anda tentukan sendiri. Dan berikut adalah beberapa media digital untuk mengembangkan kemampuan anda dalam bermusik.

YouTube

Kalau dilihat secara luas, YouTube menyediakan banyak sekali tutorial untuk berbagai bidang, mulai dari bidang otomotif, kesehatan, kerajinan, ilmu pengetahuan, dll. Termasuk juga tutorial tentang cara bermain musik sangat mudah kita dapatkan lewat YouTube. Sebagai contoh untuk seorang pemain gitar yang ingin belajar lewat YouTube, ada beberapa kata kunci yang bisa dipakai untuk memudahkan memperoleh tutorial tentang gitar yaitu antara lain “Song Tutorial, Licks, Common Chord Progression, Music Theory”. Ada alasan mengapa kata kunci yang dipakai dalam Bahasa Inggris, yaitu karena mayoritas tutorial ditulis dan disampaikan dalam Bahasa Inggris. Jadi kalau kita mencari dengan Bahasa Indonesia mungkin hasilnya tidak sebanyak kalau mencari dengan Bahasa Inggris.

Aplikasi iPad

Bila berbicara tentang iPad sudah pasti didalamnya ada banyak aplikasi yang sangat bagus untuk belajar bermain instrument musik. Berikut aplikasi-aplikasi iPad yang paling popular untuk belajar piano dan gitar.

Piano

  • Learn Piano HD : Aplikasi ini menyediakan video-video kursus piano oleh Peter Darling. Anda tinggal meletakan iPad didekat piano anda sebagai instruktur dan ikuti panduannya melalui video dalam aplikasi ini.
  • Piano Complete : Bila anda telah menguasai dasar-dasar dalam bermain piano dan ingin belajar membaca partitur atau bermain lagu-lagu baru, aplikasi ini menyediakan lebih dari 500 lagu dengan berbagai macam genre untuk anda.
  • iLearnPiano : Aplikasi ini menyediakan 50 materi untuk pemula hingga ahli.

Gitar

  • Learn Guitar : Ini adalah aplikasi untuk pemula dalam bermain gitar, berisi 27 seri video tutorial gitar.
  • Rock Prodigy : Aplikasi ini didesain oleh 2 orang professor dan mempunyai instruktur dari sekolah musik dan universitas ternama dari seluruh dunia. Aplikasi ini didesain seperti game agar menarik dan menyenangkan.
  • iGuitarTeacher : Menyediakan 66 video pengajaran dan tutorial bermain gitar.

Kursus Online

Banyak pengajar-pengajar musik yang memilih untuk memberi pengajaran musik secara online. Mereka mengupload materi kursus di website dan anda harus membayar untuk materi-materi tersebut. Bahkan sekolah ternama seperti Barklee juga menyediakan sertifikasi musik secara online. Kursus musik online yang paling terkenal yaitu Barklee dan Next Level Gitar.

 

 

 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda