Jumat, 19 Juli 2019

Music Technology Lifestyle

Belajar Ritme Drum Untuk Pemula

Penulis :
Selasa, 01/09/2015 15.04.28 | Dibaca: 10591




Belajar Ritme Drum Untuk Pemula

www.wikihow.com


Compusiciannews.com -Instrument-  Drum adalah salah satu instrumen musik paling populer di dunia. Banyak sekali yang belajar bermain drum sejak usia dini. Dalam seri tutorial kali ini, tim compusiciannews akan memberikan 6 langkah mudah untuk bermain drum. Dan pada artikel pertama ini kita akan mulai dengan "Belajar Ritme".

1. Mulailah belajar drum dengan menggunakan tangan kosong. Anda tidak harus memiliki 1 set drum lengkap untuk mulai belajar bermain drum. Anda cukup menggunakan telapak tangan dan sebuah meja/papan untuk belajar ritme-ritme dasar dalam bermain drum. 

Para pemula biasanya merasa frustasi ketika duduk di belakang drum tetapi tidak bisa memainkan drum dengan ritme sederhana sekalipun. Oleh karena itu penting bagi anda untuk belajar ritme terlebih dahulu.

2. Belajar memainkan not seperempat. Dalam musik terdapat beberapa macam birama, tetapi untuk pemula kita akan belajar memainkan birama 4/4 yang berarti terdapat 4 ketukan dalam 1 bar.

  • Gunakan 1 tangan anda untuk memukul sebanyak 4 kali hitungan. Sebaiknya anda menghitung dengan suara yang keras untuk melatih anda memperhatikan tempo. Hitunganya seperti ini "1-2-3-4" dan kemudian setelah sampai hitungan keempat ulangi dari awal kembali.
  • Bila anda mempunyai metronome sebaiknya anda menggunakannya.

3. Memainkan not seperdelapan. Setelah anda berlatih memainkan beat seperempat not, sekarang kita akan mencoba memainkan beat not seperdelapan. Sekarang dalam 1 ketukan anda memukulkan tangan anda sebanyak 2 kali, sehingga dalam satu bar anda memukulkan tangan sebanyak 8 kali. Hitungannya seperti ini "1-and-2-and-3-and-4-and". 

4. Gunakan tangan yang lainnya. Sekarang anda akan menggunakan kedua tangan anda untuk memainkan sebuah beat. Pada setiap hitungan "2" dan "4" gunakanlah tangan anda yang lain untuk memukul meja/papan yang gunakan. Ini melatih anda dalam memainkan snare drum nantinya. 

5. Menambahkan "downbeat". Lanjutkan untuk memainkan beat dengan kedua tangan anda, tetapi pada setiap hitungan "1" dan "3" hentakanlah kaki kanan anda ke tanah. Hal ini melatih anda bagaimana memeinkan downbeat pada bass drum anda nantinya.

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda