Sabtu, 20 Juli 2019

Music Technology Lifestyle

Beralih ke Siaran Digital, Norwegia Jadi Negara Pertama yang Mematikan Radio FM di 2017 Mendatang

Penulis :
Selasa, 05/05/2015 09.47.08 | Dibaca: 1808




Beralih ke Siaran Digital, Norwegia Jadi Negara Pertama yang Mematikan Radio FM di 2017 Mendatang

pxleyes.om


Compusiciannews.com - Isu Terkini - Era sudah berganti dan kemajuan teknologi pun tak bisa dibendung lagi. Beberapa waktu lalu, pemerintah Norwegia yang diwakili oleh kementerian kebudayaan menyampaikan perihal keputusan mereka mematikan siaran radio FM pada tahun 2017 mendatang dan menggantinya dengan radio digital.

Norwegia jadi negara pertama yang membuat keputusan ini dan menyampaikannya secara resmi. Dikutip dari Radio.no, siaran radio digital atau yang punya nama Digital Audio Broadcasting (DAB) di Norwegia telah disiapkan sedemikian rupa sehingga memenuhi kebutuhan pendengar radio di sana.

Radio digital memiliki 22 saluran resmi dengan konten yang beragam. Kondisi ini jauh berbeda dengan radio FM yang hanya memiliki 5 saluran saja. Selain itu, menurut riset TNS Gallup, hampir 56% pendengar radio di Norwegia lebih memilih mendengarkan radio digital daripada radio konvensional.

Setelah Norwegia, diprediksi akan ada negara-negara lain baik di Eropa maupun Asia yang juga melakukan hal serupa. Besar kemungkinan semua negara di dunia memang sedang menjalani proses transisi dari radio konvensional ke digital.

"Ini merupakan pengumuman penting bagi para pecinta radio. Pemerintah ingin memberikan yang terbaik, baik dari segi kualitas siaran hingga konten yang lebih beragam bagi para pendengar radio," ungkap Thor Gjermund Eriksen selaku Kepala Bidang Penyiaran di Norwegia.

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda