Kamis, 27 Juni 2019

Music Technology Lifestyle

Berkreasi Melalui Pemrograman Musik dengan Bahasa ChucK

Penulis :
Jumat, 17/10/2014 09.22.19 | Dibaca: 2594




Berkreasi Melalui Pemrograman Musik dengan Bahasa ChucK

princeton.edu


CompusicianNews.com -Programming- Pemusik komputer (computer musician) adalah satu istilah yang sangat luas pemaknaaannya.  Tapi yang masih jarang sekali di ketahui bahwasanya di era digital ini, menciptakan musik tidak harus menggunakan alat musik tradisional atau konvensional.  

Bahkan sampai titik ini, musik tidak lagi bisa dihasilkan dengan cara memainkan alat musik elektronik. Di abad ke-21 ini pemusik komputer dapat berkarya dengan cara memrogram musik tersebut.  Para pemusik komputer ini "meng-coding"  musik yang dihasilkan.  Pertemuan antara programmer dan pemusik sudah sangat dewasa.

Salah satu bahasa pemrograman yang biasa digunakan adalah ChucK.  Bahasa pemrograman musik yang kembangkan oleh Princeton University.  Bahasa ChucK didefinisikan sebagai berikut:

ChucK is a programming language for real-time sound synthesis and music creation. It is open-source and freely available on MacOS X, Windows, and Linux. ChucK presents a unique time-based, concurrent programming model that's precise and expressive (we call this strongly-timed), dynamic control rates, and the ability to add and modify code on-the-fly. (Sumber : chuck.cs.princeton.edu)

Tim riset dari CompusicianNews.com secara intensif meniliti bahasa pemrograman yang mungkin di Indonesia belum begitu lazim terdengar baik di sekolah musik maupun di sekolah komputer.  Tim CompusicianNews.com menyimpulkan bahwa bahasa ini sudah dewasa dalam developmentnya dan dapati digunakan sampai level produksi di industri. 

Bahkan IDE (Integrated Development Environment) yang tersedia sudah sangat user friendly untuk seorang pemula mempelajari bahasa ini. IDE yang disebut miniAudicle ini dapat di download secara terintegrasi dengan bahasa ChucK tidak lebih dari 40 Mb.  Selain itu dokumentasi, dan sample-sample coding (snippet) cukup bervariasi untuk belajar.

Contoh coding dengan bahasa ChucK:

adc => Gain g => dac;
SinOsc s => g;

3 => g.op;

400.0 => s.freq;

while( true )
    1::second => now;

Penggunaan bahasa ChucK atau sejenisnya sangat dibutuhkan dalam memprogram musik-musik untuk game dan multimedia yang membutuhkan timing yang sangat precise.  Dan juga untuk robotic dalam mengembangkan suara tiruan bagi robot-robot. 

Berikut adalah contoh pemrograman musik dengan bahasa ChucK untuk video game klasik, Mario Bros.

 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda