Kamis, 27 Juni 2019

Music Technology Lifestyle

Dabbledoo, Solusi Belajar Notasi Musik Dengan Mudah

Penulis :
Rabu, 08/07/2015 14.27.13 | Dibaca: 2596




Dabbledoo, Solusi Belajar Notasi Musik Dengan Mudah

http://www.thejournal.ie/


Compusiciannews.com -Notation- Dapatkah seekor gurita dan seekor kucing bernama Jazz Cat membantu anak belajar musik? Itulah yang program musik Dabbledoo ingin buktikan. Cara baru dari pengajaran musik yang berbasis pada notasi grafik dan Shane McKenna (32) yang membuat program ini menjelaskan:

“Merupakan cara yang mudah untuk memperoleh penampilan kelompok dalam ruang kelas dengan menggunakan warna dan bentuk-bentuk. Anak-anak ini kemudian dapat belajar melalui penampilan mereka.”

Lewat aplikasi ini, mereka tidak akan lagi belajar dengan ini:

 

Melainkan akan belaar seperti ini:

Dabledoo ditujukan ke siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) yang berumur dari 6-12 tahun dan Shane berinisiatif ide ini setelah belajar jenis notasi musik alternative (bagaimana musik ditulis) untuk gelar S-2 di Trinity College Dublin.

Dia ingin menghadirkan jenis notasi yang dapat digunakan oleh banyak orang tanpa harus menilai pegalaman musikalnya. Anda bisa belajar secara online dengan mengunjungi link berikut ini dengan versi beta dan tersedia gratis sehingga para guru dapat memulai menggunakannya tanpa harus mengeluarkan biaya. Dan maksud tujuannya adalah mencocokan kedalam kurikulum musik yang ada.

“Banyak cara yang mereka pelajari dari SD dimana mereka akan membuat koneksi antara symbol dan suara,” jelas Shane. “Saat mereka belajar alfabet, mereka belajar symbol dan menghubungkan suara satu dengan lainnya dan dapat membuat sound pula dari koneksi ini.”

“Banyak  ide dibalik notasi grafik secara keseluruhan  adalah kita dilahirkan untuk siap mendengarkan musik. Dari sejak muda kita dapat mendengarkan melodi-melodi yang berbeda dan merespon ritme-ritme yang berbeda pula.”

“Alasan besar lainnya (untuk setting Dabbledoo) adalah guru di SD kebanyakan bukan ahli musik dan musik sendiri yang saya pelajari adalah mata pelajaran yang susah untuk diajarkan,” tambah Shane.

“Sekolah Dasar (SD), kebanyakan tidak memiliki guru musik spesialis.”

Sound dan Vision

Setelah membuat Dabbledoo di tahun 2010, Shane mengadakan sebuah seminar di dalam dan di luar sekolah, untuk mencari tahu cara yang terbaik untuk membuat sistem berjalan.

Untuk dapat menghadirkan symbol dan bentuk yang digunakan dalam notasi, dia menginterpretasikan bentuk-bentuk abstrak dan symbol secara vocal dan mengkorelasikan hasilnya.

“Kami menemukan bahwa terdapat banyak isi koneksi visual yang kami semua akan taruh suara yang sama.”

Cilian, seorang seniman visual hadir membantuk projek ini pada karakter-karakter didalamnya, termasuk karakter utamanya Igor sang gurita dan Jazz Cat, serta bentuk-bentuk seni lainnya.

Dan dari seminar ini diperoleh dana sebesar  €4,000  untuk pengerjaan website dan desainer Trevor Finnegan dan Software Developer Brian Michael Thornton yang juga terlibat.

Situs ini dapat digunakan dengan whiteboard interaktif yang kebanyakan ada di kegiatan kelas di Irlandia.

 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda