Jumat, 19 April 2019

Music Technology Lifestyle

Daniel Ek Berkata Apple Music Berkah Bagi Spotify

Penulis :
Kamis, 17/09/2015 14.55.42 | Dibaca: 1309




Daniel Ek Berkata Apple Music Berkah Bagi Spotify

http://www.digitaltrends.com/


Compusiciannews.com -Industri- Jika seseorang berfikir Apple Music adalah ancaman bagi Spotify, CEO Spotify Daniel Ek bukan salah satu diantaranya.  Ek yang saat itu sedang di Toronto sebagai bagian dari kunjungannya di sebuah event media di markas besar Rogers pada 14 September lalu dengan sang CEO, Guy Lawrence, mempromosikan kemitraan diantara mereka yang berfokus pada musik digital.

Percakapan dengan kelompok kecil reporter itu langsung mengarah pada peluncuran Apple Music dan ancaman yang mungkin banyak kalangan berpikir akan berpengaruh besar pada Spotify. Namun hal itu berlawanan untuk Ek, dia berkata “Apple telah memvalidasi hal yang kami katakan pada 10 tahun yang lalu yang dimana dunia akan masuk era streaming.” Selebihnya, dia melihat peluncuran Apple dari layanan streaming sebagai bukti kuat pendapatanya bahwa penilaiannya selama ini benar bahwa era unduh semakin surut  di kalangan penikmat musik.

Apple yang bergantung sepenuhnya pada penjualan iTunes Store memilih tidak menguak berapa banyak penerimaan yang masuk dari musik atau aplikasi, video, buku dan konten-konten lain yang menyediakan musik streaming. Wall Street Journal melaporkan tahun lalu bahwa penjualan musik turun hingga 14% dari 1 Januari 2014 hingga bulan Oktober. Tidak ada gambaran untuk mengindikasi apakah trend itu berlanjut hingga 2015.

Di sisi lain, Ek secara langsung mencatat bahwa Apple telah menjadi hikmah tersendiri bagi Spotify, setelah menambahkan pengguna-pengguna baru sejak peluncuran Apple Music sendiri pada akhir Juni lalu. “Kami tetap melakukan pengaturan rekaman baru dari minggu ke minggu,” dia berkata, “Hal ini membuat semakin mudah membuat banyak orang mendaftar sebagai anggota baru.”

Ek juga berkata bahwa Apple dan Spotify memiliki tujuan yang sama dalam pikiran: bertumbuh dalam industri musik. Industri musik sendiri turun selama 15 tahun terakhir, dari US$ 45 Milyar di tahun 2000 sekarang turun menjadi US$ 15 Milyar. “Musik hanya 1% dari penerimaan dibandingkan dengan bisnis televisi dan film yang menghabiskan 50% lebih penerimaan dan itu tidak masuk akal buat saya maka dari itu apa yang saya dan tim lakukan di Spotify bertujuan untuk meningkatkan bisnis dalam musik.

Spotify sendiri memiliki jumlah pengguna sekitar 75 juta tersebar di 58 negara, dan dari jutaan penggunanya itu hanya 20 juta yang merupakan pelanggan berbayar, sisanya pelanggan freemium dan hal ini yang membuat Taylor Swift menarik semua catalog musiknya dari Spotify, November 2014 lalu.

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda