Kamis, 25 April 2019

Music Technology Lifestyle

Drum Trigger, Merespon Suara Seperti Indera Pada Manusia

Penulis :
Sabtu, 26/04/2014 10.08.06 | Dibaca: 5244




Drum Trigger, Merespon Suara Seperti Indera Pada Manusia

rolandus.com


CompusicianNews.com –Live Performance- Renungkanlah beberapa saat, sifat dari suara. Apapun yang anda mainkan, gitar, piano, instrumen tiup, bahkan suara dari anda menabuh meja, suara yang anda dengar merupakan hasil anda ‘menabuh’ beberapa instrumen itu, seperti tombol pada piano, memetik dawai atau memukul instrumennya sendiri (seperti drum).

Suara ditransmisikan berdasarkan getaran yang meresonansi pada frekuensi yang diberikan yang kemudian dipilih melalui telinga anda dan diinterpertasikan sebagai sebuah suara. Bahkan saat anda berbicara, kord suara vocal anda bergetar pada frekuensi yang telinga anda tangkap yang kemudian diinterpretasikan oleh otak anda sebagai percakapan. Permukaan atau interface yang anda tabuh menjadi ‘trigger’ dari sumber sebuah suara.

Suara yang anda dengar dari drum anda sama. Dengan memainkan drum akustik, anda menyebakan drum head bergetar. Getaran itu menciptakan suara yang menggetarkan beberapa frekuensi dan kemudian dikontrol oleh tensi yang ada pada drum head. Perubahan dalam rekuensi getaran menyebabkan perubahan dalam pitch, sementara nada drum dikontrol oleh beragam faktor termasuk tipe drum head.

Roland V-Drum tidak berbeda. V-Drum mesh (karet) pad menggetar saat sensor dalam pad itu aktif. Seperti telinga nada merespon suara dan otak anda memprosesnya, modul V-Drum melakukan hal yang sama. Modul V-Drum bahkan dapat menyesuaikan tuning/pitch, nada dan drum. Mungkin itu sebabnya V-Drums disebut sebagai ‘otak’ dalam dunia drum.

Drum dan cymbal akustik dapat menciptakan sebuah array dari suara yang berbeda, hanya dibatasi oleh jangkauan instrumen yang tersedia. Sehingga, 4 drum-kit dengan ride dan hi-hat cymbal hanya dapat menciptakan beberapa kumpulan suara.

Dengan menempelkan seri RT-10 seri akustik drum trigger ke akustik snare dan mengirimkan getaran hasil dari tabuhan ke modul Roland V-Drummatau instrumen perkusi. Anda dapat memilih suara yang dihasilkan dengan modul. Drum trigger ini sangat sensitive dan akan mendeteksi seberapa keras anda memainkan beberapa suara.

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda