Sabtu, 20 Juli 2019

Music Technology Lifestyle

Gitaris Allan Holdsworth Tutup Usia, Karya Besarnya Tetap Dikenang

Penulis :
Kamis, 27/04/2017 10.41.41 | Dibaca: 882




Gitaris Allan Holdsworth Tutup Usia, Karya Besarnya Tetap Dikenang

http://loudwire.com


Compusiciannews.com - Kabar Selebriti - Sebuah berita duka datang dari keluarga Allan Holdsworth pada Minggu (16/4) lalu. Gitaris jazz fussion legendaris ini tutup usia di usia tujuh puluh tahun secara mendadak di rumahnya, di wilayah San Diego Country, California, Amerika Serikat. Masih belum dapat dipastikan penyebab kematian Holdsworth ketika anak kandung mendiang yang bernama Louise mengabarkan melalui akun sosial medianya.

Dilansir dari teamwork.com, Louise mengungkapkan duka keluarga mereka karena kehilangan ayah, kakek, teman, dan musisi jenius tercinta mereka ini. Ia juga dengan hormat dan berat hati menyampaikan bahwa pihak keluarga menginginkan privasi dan waktu berduka untuk sementara waktu. “Kami akan memberi kabar keluarga besar dan teman-teman dekat setelah pengaturan layanan dibuat. Kami juga akan memberitahu publik mengenai upacara pemakaman terbuka, di mana semua orang bisa hadir di sana”, ujarnya. Menurut Louise, kematian ayahnya ini sangat mendadak sehingga tak dapat dipungkiri, sampai saat ini ia dan anggota keluarga lainnya masih sangat terkejut dan merasakan kesedihan yang luar biasa. Oleh karena itu, ia tidak bisa berkata banyak tentang hal ini. Louis hanya bisa berkata bahwa ia akan sangat merindukan sosok ayahnya, sama halnya dengan Sam, Emily, Rori dan sanak saudara lainnya.

Sekilas perjalanan karir bermusik Allan Holdsworth, pria ini mulai mengawali ketenaran dengan permainan gitarnya yang terkenal orisinal dan mejanjikan di akhir tahun 1960-an sampai awal 1970-an. Tak heran, master gitar elektrik ini semakin menjadi sorotan dan menarik perhatian publik seiring berjalannya waktu. Memasuki pertengahan era 1970-an, ia semakin fokus untuk memperkuat banyak musisi jazz ternama antara lain adalah Soft Machine, Gong, Jean-Luc Ponty, hingga melanjutkan tugas John McLaughlin menjadi mentor Tony Williams Lifetime.

Menjadi sebuah public figure di seantero musik dunia, musisi-musisi dengan nama besar, khususnya dari kalangan gitaris, banyak yang mengungkapkan rasa dukanya lewat timeline media sosial mereka. Mereka merasa sangat kehilangan dengan wafatnya salah satu tokoh musik inspirasional ini.

“Allan Holdsworth memiliki kontribusi yang sangat luar biasa pada gitar elektrik”, kata Steve Vai. Ia juga mengatakan bahwa dalam suatu momen, Holdswoth pernah memberitahunya bahwa ia akan membuat katalog musik yang besar, dan terwujudlah itu. Vai mengaku sangat tersentuh oleh kecemerlangan mendiang. Tak hanya Steve Vai, gitaris ternama Joe Satriani juga mengungkapkan hal serupa. “R.I.P Allan Holdsworth. Anda akan selalu menjadi inspirasi untuk saya. Musik-musik indah yang Anda buat tidak akan pernah mati dan akan hidup selamanya”,  tulisnya.

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa Allan Holdsworth telah mengukir nama besar melalui kontribusi yang luar biasa dalam dunia musik. Walaupun telah tiada, ia akan selalu dikenal sebagai sosok inspirasional sepanjang masa.

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda