Rabu, 17 Juli 2019

Music Technology Lifestyle

Hampir Separuh, Penulis Lagu Dapatkan Kenaikan Royalti

Penulis :
Selasa, 30/01/2018 10.52.57 | Dibaca: 754




Hampir Separuh, Penulis Lagu Dapatkan Kenaikan Royalti

pocket-lint.com


Compusiciannews.com -Industri-  Ada kabar gembira bagi para penulis lagu. Sabtu lalu(27/1), Copyright Royalty Board (CRB) mengumumkan bahwa  akan ada kenaikan pemberian royalti bagi penulis lagu.

Royalti yang dimaksudkan meliputi royalti dari hasil streaming lagu ciptaan tersebut dari media layanan streaming musik seperti Spotify dan iTunes. Kenaikan royalti yang diterima penulis lagu ini akan berlaku untuk lima tahun kedepan.

Adapun jumlah kenaikan yang ditetapkan cukup besar. Dari royalti untuk penulis yang tadinya sebesar 10,5 persen, naik menjadi 15,1 persen. Kenaikan sekitar  44% ini merupakan kenaikan terbesar sepanjang sejarah Copyright Royalty Board.

Kenaikan royalti ini tadinya disebabkan oleh perselisihan yang terjadi antara National Music Publisher Association dan penyedia layanan streaming musik seperti Spotify, Google, Apple, dan Amazon.

Hasil dari ketetapan ini sendiri mencakup ketentuan akan adanya denda apabila penyedia layanan streaming yang bersangkutan tidak membayar publisher dan penulis lagu pada masa yang ditetapkan. “ Ini merupakan mekanisme paling baik untuk penulis lagu dalam sejarah Amerika. Hal Ini benar-benar penting seiring dengan berkembangnya Media Streaming yang kian lama kian mendominasi pasar musik.”

Meskipun dengan adanya peraturan baru ini, pendapatan yang diperoleh penulis lagu dari lagu ciptaannya masih saja jauh lebih rendah daripada yang diperoleh Label untuk satu lagu tersebut. Perbandingan pendapatan ini hampir satu banding empat. Untuk tiap dollar yang didapatkan oleh penulis dan publisher, Label mendapatkan sekitar 3,8 dollar. Namun demikian, kenaikan royalti yang cukup banyak ini tetap patut untuk disyukuri.

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda