Kamis, 25 April 2019

Music Technology Lifestyle

Hang Drum

Penulis :
Rabu, 01/10/2014 15.28.58 | Dibaca: 3060




Hang Drum

vimeo.com


CompusicianNews.com -Artistik - Ketika kita membahas alat musik unik, pasti akan banyak sekali menemukannya di seluruh penjuru dunia ini. Ya , hamper setiap daerah memiliki alat musiknya sendiri. Memang hal ini tidak bisa dipungkiri bahwa musik seperti menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, zaman dahulu pun musik telah ada.

Salah satu alat musik unik yang akan kita bahas saat ini adalah Hangdrum. Sejenis alat perkusi yang terbuat dari baja. Modelnya sangat unik, yaitu berbentuk seperti wajan dibalik atau piring terbang.

Alat musik ini ditemukan oleh musisi Swis bernama Felix Rohner dan Sabina Schärer pada tahun 2000. Alat musik ini masih memiliki kaitan dengan steeldrum dari Trinidad. Dari asal katanya, Hang berarti tangan, maksudnya alat musik ini cukup dimainkan dengan tangan atau jari. Dengan cara memukulnya sesuai irama. Di permukaan hangdrum tersebut terdapat benjolan-benjolan yang memiliki nada yang berbeda. Kurang lebih ada 7-8 nada di sekitar hangdrum tersebut. Meskipun namanya Hang Drum. Alat musik ini sangat berbeda dengan Drum, karena anda harus memainkannya dengan lembut. Jika tidak, tidak ada suara yang keluar dari alat musik unik tersebut.

Dalam perkembangannya, Hangdrum memiliki beberapa generasi antara lain : Halo, BellArts Bel, Spacedrum, Caisa, dan The Bali Steel. Generasi ini dikembangkan oleh berbagai Negara salah satunya di Indonesia. Perkembangan Hangdrum memang telah menyebar ke seluruh penjuru dunia. Meskipun belum banyak yang mengetahui adanya alat ini, namun sudah banyak kalangan dan komunitas yang menggunakannya dalam event musik tertentu. Alat musik ini juga tidak dijual di sembarang tempat, toko musik tertentu saja yang menjual dan melayani pembuatan hangdrum mengingat peminatnya masih belum banyak. Alat musik ini bisa menjadi salah satu alternative bagi anda yang suka bereksplorasi dengan alat musik.      

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda