Minggu, 19 Agustus 2018

Music Technology Lifestyle

Hati-Hati, Virus Baru Ini Bisa Menyerang Ponsel Anda

Penulis :
Jumat, 19/01/2018 13.27.03 | Dibaca: 583




Hati-Hati, Virus Baru Ini Bisa Menyerang Ponsel Anda


Compusiciannews.com -Software- Sebagai pengguna ponsel pintar Android, kita jarang memikirkan tentang virus yang mungkin menjangkit ponsel kita. Ya, Android memang salah satu sistem yang cukup aman, bukan karena sistem operasi ini memiliki pertahanan yang kuat akan virus, namun karena tidak banyak virus yang beredar untuk platform ini.

Namun seiring dengan perkembangannya, Android menjadi semakin populer dan memiliki pengguna yang semakin banyak, menjadikannya salah satu target pencurian data oleh pembuat virus, seperti sebuah virus bertipe spyware yang baru-baru ini ditemukan.

Skygofree, spyware baru tersebut, merupakan virus dengan kemampuan-kemampuan baru yang belum pernah ada di virus manapun di platform Android. Fitur-fitur tersebut termasuk fitur perekaman suara otomatis saat ponsel yang terjangkit memasuki wilayah tertentu. Spyware ini bekerja memanfaatkan 5 exploit khusus untuk mendapatkan akses root pada ponsel Android sehingga bisa melewati sistem keamanan ponsel.

Skygofree memiliki banyak kemampuan, antara lain: mengambil gambar, video, daftar panggilan, pesan dan informasi-informasi penting terkait bisnis yang tersimpan di dalam memori ponsel anda. Ia juga bisa secara otomatis merekam percakapan yang terjadi saat ponsel yang terinfeksi masuk ke area yang telah diatur oleh pemilik spyware. Bahkan ada kemampuan baru yang belum pernah ada di virus lainnya, seperti mencuri pesan dari aplikasi Whatsapp. Data-data penting tersebut kemudian di kirim ke pelaku secara otomatis tanpa korban menyadarinya.

Kaspersky Lab, salah satu raksasa pengembang program anti virus menyatakan, “virus Skygofree Android ini merupakan spyware yang paling berbahaya yang pernah ada di platform ini.”

Keberadaan virus ini cukup meresahkan. Pasalnya jika anda sering melakukan transaksi bank, atau mengirim data-data penting melalui ponsel, bisa jadi data anda dicuri dan disalahgunakan oleh pelaku penyebaran virus ini.

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda