Kamis, 18 Juli 2019

Music Technology Lifestyle

Imbas Trend Musik Digital, Disc Tarra Siap Tutup 40 Gerai Akhir Tahun Ini!

Penulis :
Senin, 23/11/2015 09.00.00 | Dibaca: 1803




Imbas Trend Musik Digital, Disc Tarra Siap Tutup 40 Gerai Akhir Tahun Ini!

klikklip.com


Compusiciannews.com - Industri - Trend musik digital menjadikan tradisi membeli album rilisan fisik semakin ditinggalkan. Pengunduhan musik secara ilegal dan roda konsumsi musik streaming menyebabkan kerugian besar bagi bisnis musik, terutama toko-toko musik di seluruh dunia.

Tutupnya beberapa cabang retail toko musik seperti Tower Records dan HMV di berbagai negara terbukti juga terjadi di Indonesia. Setelah salah satu retail musik legendaris, Aquarius Mahakam, gulung tikar pada akhir 2013 lalu, kali ini giliran kelompok usaha Disc Tarra.

Salah satu jaringan toko musik terbesar di Indonesia tersebut pernah mencapai puncak kesuksesan hingga memiliki lebih dari 100 gerai yang tersebar di beberapa kota di Tanah Air. Sayangnya di akhir 2015 ini, mereka merencanakan akan menutup sekitar 40 gerai di beberapa kota dan hanya menyisakan delapan gerai yang berlokasi di Jakarta.

“Pihak kami memang belum mengumumkan secara official. Total yang direncanakan tutup sekitar 40 toko di beberapa kota di Indonesia dan sekitar delapan toko Disc Tarra yang ada di Jakarta akan tetap buka dan kami pertahankan,” ujar Miranty Paramitha, A&R International Disc Tarra.

Miranty kemudian mengungkapkan bahwa salah satu penyebab utama penutupan gerai toko tersebut lantaran terjadinya penurunan pendapatan Disc Tarra melalui penjualan CD dan DVD sejak lima tahun lalu.

“Sejak 2010 sebenarnya penjualan CD sudah mulai turun, tapi saat itu memang belum drastis. Dan petinggi Disc Tarra saat itu masih berusaha untuk mempertahanan toko tetap buka. Tetapi akhirnya secara bisnis memang keuntungannya yang didapat tidak bagus,” jelas Miranty.

Meski akan menutup sebagian gerainya, Disc Tarra kabarnya akan mengikuti perkembangan zaman dan terjun ke dunia streaming musik.

"Kami belum tahu apakah akan beralih ke bisnis musik yang lainnya atau tidak. Selain retail, kami kan juga punya label rekaman musik dan itu masih berjalan. Tapi ada kemungkinan dan rencana Disc Tarra akan ke arah digital. Kami akan bekerjasama dengan salah satu aggregator music streaming.”

Menjelang ditutup, beberapa gerai Disc Tarra pun sejak satu bulan terakhir telah menjalankan promo diskon untuk beberapa produknya. Promo ini akan terus dijalankan hingga gerai-gerai tersebut tutup beroperasi.

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda