Selasa, 23 Juli 2019

Music Technology Lifestyle

Ini Dia Lagu Seharga 5 Dollar!

Penulis :
Sabtu, 05/04/2014 00.00.00 | Dibaca: 2492




Ini Dia Lagu Seharga 5 Dollar!


 

Compusiciannews.com – Industri – Minggu lalu Sony mengenalkan teknologi baru dari komponen audio kelas atas yang dapat memberikan pengalaman online audio yang lebih baik. Seperti diketahui, saat ini banyak pengguna gadget yang mengeluhkan buruknya kualitas suara pada musik portabel. Hal ini tidak terlepas dari peran Maurenco dalam dan pengembangan ilmunya.  

Maurenco memiliki pengalaman dalam hal bisnis rekaman musik selama lebih dari 20 tahun. Dia menggunakan format yang biasa disebut DSD (Direct Stream Digital) yang sudah ada sejak tahun 60-an. File musik dengan format ini hanya dipakai secara komersil untuk Super Audio CDs (SACD) selama 13 tahun.  

Pada tahun 1997, single pertama dibeli secara online berjudul Electric Barbarella oleh Duran Duran. Saat itu memang tampaknya kehadiran musik di internet sangatlah mustahil. Namun, berkat Maurenco hal itu mungkin terjadi dengan mengkompress lagu menjadi MP3.

MP3 memang memiliki kualitas yang kurang bagus, namun sangat mudah untuk didownload karena filenya berukuran kecil. MP3 merupakan audio dengan format yang kurang bagus, bahkan Maurenco merasa menyesal karena telah ikut mempopulerkannya. 

Suatu hari dia mengundang beberapa engineer untuk mencoba mengetes suara yang dihasilkan. Antara lain dengan tape analog, high-resolusi, DSD, dan lain-lain. Suara tape merupakan yang terbaik dan DSD, tepatnya memiliki suara yang paling mendekati.

Marenco memerlukan waktu 5 tahun hingga ia bisa membangun labelnya sendiri bernama Blue Coast Records. Dia lebih fokus pada kualitas audio meskipun tidak sesuai dengan pasar atau industri. Konsep High-Quality Audio sangatlah asing. Banyak orang masih menggunakan MP3 yang penuh kekurangan.  

Kira-kira 3 tahun lalu orang-orang mulai menikmati akses internet yang lebih cepat, serta penyimpanan yang lebih besar, Maurenco memutuskan untuk membuat file musik DSDnya bisa didownload. Pada waktu itu file musiknya hanya bisa diputar di Sony PlayStation 3. Maurenco menarik biaya 5 dollar per lagu atau 50 dollar per album.

Mungkin cara ini dikira tidak menarik perhatian masyarakat, namun tanpa diduga banyak sekali orang yang mendownloadnya. Anehnya lagi tidak ada yang meminta untuk menurukan harga namun malah menambah kontennya. Namun banyak pula yang akan mengikuti jejaknya.  

Meskipun biaya yang harus dikeluarkan mahal, namun Maurenco tetap yakin bisa sukses. Ia melihat apa yang terjadi pada Starbuck. Meskipun harganya mahal, namun peminatnya tetap banyak sekali. 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda